Gelar Pembinaan Mental Rohani Pegawai, Kantor Imigrasi Polman Berikan Santunan Anak Yatim

  • Bagikan

POLEWALI, RADARSULBAR.CO.ID – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar menggelar kegiatan pembinaan mental rohani pegawai dan buka puasa bersama sekaligus dirangkaikan pemberian santunan kepada anak yatim piatu. Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan 17 Ramadan 1445 H di Aula Yusuf Adiwinata Kantor Imigrasi Polman, Kamis 28 Maret 2024.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Barat, Marasidin didampingi Kadiv Keimigrasian, Nurudin, dan Kadiv Administrasi, Rudi Hartono, Kepala Bapas Polman, Muh. Basri, dan perwakilan Lapas Polman.

Adithia P. Barus selaku Kepala Kantor Imigrasi Polman dalam keterangan tertulis menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang selalu dilakukan tiap bulan Ramadan.

Kegiatan ini selain dapat meningkatkan mental rohani pegawai, juga dapat menumbuhkan rasa kemanusiaan untuk berbagi kepada yang membutuhkan.

“Untuk pembinaan mental rohani pegawai, kami turut mengundang Imam Besar Masjid Agung Syuhada Polewali Mandar, Bapak Fadl Al Mahdaly untuk mengisi tausiyah pada kesempatan yang berbahagia ini,” tambah Adithia dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis 28 Maret 2024.

Dalam sambutannya Marasidin mengajak semua seluruh hadirin dan pegawai Kanim Polman untuk senantiasa meningkatkan nilai ibadah selama bulan Ramadan, selain ibadah puasa.

“Saya harap Bapak/Ibu selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat meskipun sedang berpuasa, karena melayani masyarakat juga merupakan ladang amal ibadah kita sebagai ASN Kementerian Hukum dan HAM,” pesan Marasidin.

Sementara Ustaz Fadl Al Mahdaly dalam ceramahnya mengingatkan bahwa momen berpuasa Ramadan ini sebagai upaya untuk bermuhasabah terhadap diri sendiri. Hanya diri sendiri yang bisa mengawasi ibadah puasa masing-masing.

“Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk berpuasa agar ikut merasakan apa yang dirasakan oleh saudara-saudari kita yang kekurangan, bahkan untuk makan sesuap nasi,” ujar Ustaz Fadl mengingatkan.

Di akhir tausiyahnya, Ustaz Fadl menyampaikan rasa terima kasihnya atas santunan Kantor Imigrasi Polewali Mandar yang diberikan kepada anak yatim piatu. Hal ini sejalan dengan program Masjid Agung Syuhada Polman.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan dengan salat tarawih dan witir berjemaah.

Sebagai informasi, kegiatan ini juga diikuti Penasehat DWP Kanwil Kemenkumham Sulbar, Nurkiah Marasidin, dan Ibu-ibu DWP Kantor Imigrasi Polman. (*)

  • Bagikan