Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja, Disnaker Sulbar Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan IV 2024

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Dinas Tenaga Kerja kembali membuka pelatihan berbasis kompetensi guna mendorong peningkatan kompetensi dan daya saing tenaga kerja daerah. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemprov Sulbar Andi Farid Amri pada Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan IV APBD Sulbar 2024 oleh UPTD BLK Dinas Tenaga Kerja Daerah Sulbar, Jumat 26 April 2024. 

Turut hadir Kepala UPTD-BLK Disnaker Sulbar, para Pejabat Struktural dan Fungsional, para Instruktur, panitia dan peserta pelatihan. 

Selain itu, dihadirkan pula Instruktur kompeten sebagai pemateri dalam pelatihan ini. Diharapkan dapat memberi motivasi kepada para peserta dengan panduan praktis untuk diterapkan di dunia kerja. 

“Setiap peserta akan mendapatkan pengalaman terhadap peningkatan keterampilan untuk terserap di dunia kerja atau menjalankan usaha secara mandiri dan berpotensi  menjadi pengusaha yang sukses,” kata Farid. 

Dia juga berharap pelatihan tersebut memberikan solusi alumni BLK Sulbar untuk terserap di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) baik di Sulbar maupun diluar Sulbar, sebutnya.

“FKLPID sebagai wadah  bertujuan memfasilitasi komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi antara lembaga pelatihan industri di daerah, selain itu meningkatkan kualitas dan efektivitas pelatihan serta memperkuat kerjasama antara lembaga pelatihan, pemerintah daerah, industri, dan stakeholders

lainnya dan keberadaan FKLPID, akan tercipta sinergi antara

lembaga-pelatihan industri agar menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas dan siap bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif” pungkasnya. 

Ketua panitia Kepala UPTD-BLK-Sulbar Andi Farid Kusno  mengatakan bahwa maksud dan tujuan pelatihan ini mendorong peserta untuk mengenal potensi diri, meningkatkan pengetahuan, mengubah pola pikir dan membentuk jiwa kewirausahaan serta meningkatkan daya saing tenaga kerja.

Adapun Lama pelatihan akan berlangsung  30 hari atau setara 260 jam, metode pelatihan kuliah, diskusi dan praktek, peserta 64 orang dengan 4 jurusan Teknik Pengelasan, Tata Boga, Pengolahan Hasil Perikanan dan Content Creator berlangsung 26 April-8 Juni 2024. (*)

  • Bagikan