Pemprov Sulbar Dampingi 254 Sekolah Persiapkan Siswa Masuk PTN

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Pemprov Sulbar terus mendorong peningkatan kelulusan siswa masuk perguruan tinggi negeri.

Tercatat Tingkat kelulusan siswa masuk perguruan tinggi negeri di Sulbar masih rendah, diangka 9-13 persen.

Karenanya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemprov Sulbar menjalankan sebuah sistem pendampingan kepada 300 guru pada 254 SMA/SMK/ SLB se Sulbar. 

Kepala Disdikbud Sulbar Mithhar menjelaskan, Program Pembinaan Siswa Kelas XII menuju Perguruan Tinggi Negeri bertujuan membantu siswa dalam mengakses informasi seleksi ujian tulis berbasis komputer (UTBK) 2024.

Dalam rangka persiapan pendampingan ini, Bimbingan teknis diadakan oleh Insan Unggul Institut sebagai mitra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Barat pada senin (18 maret 2024).

“Program ini merupakan Upaya peningkatan sumber daya manusia di Sulawesi Barat seperti amanah PJ Gubernur Sulawesi Barat, Prof. Zudan Arif Fakrulloh. Jika siswa kita lebih banyak yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, maka sumber daya manusia di Sulawesi Barat juga akan meningkat di masa depan” kata Mithhar, Jumar 22 Maret 2024. 

Kata Mithhar, Program pendampingan oleh guru ini menyasar kurang lebih 5000 siswa dampingan yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri. 

Pada pendampingan ini, guru akan memfasilitasi siswa untuk belajar 7 subtes UTBK melalui aplikasi, mengikuti try out, dan tahapan program lainnya. Seluruh tahapan program ini telah terlaksana sejak awal Februari yang dimulai dengan pendampingan SNBP, kelas luring di 6 Kabupaten, dan try out awal. 

Program ini akan berlangsung hingga akhir April 2024. Dengan adanya program ini, diharapkan jumlah siswa kelas XII di Sulawesi Barat yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dapat meningkat.(jaf)

  • Bagikan