Sulbar Utus 8 Atlet Panahan Ikuti Kualifikasi PON XII Aceh Sumut 2024

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR — Sulbar mengutus delapan orang atlet untuk bersaing pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Pajajaran Bogor Jawa Barat, Sabtu 18 November 2023.

Delapan atlet panahan antara lain; Fahdi Fahlan Muh. Dimas Ayogya Julianto, Syaiful, Muh Dalfazal Zulsurahman Adzan, Muh. Farhat Sahabuddin, Muh. Al Akhzar, Nadia Aulia Puang Kuma dan Nur Aini.

Kontingen Panahan Sulbar akan mengikuti tiga kelas, yakni Kelas Compound Putra diikuti tiga atlet, Kelas Nasional Putri diikuti dua atlet dan Kelas Nasional Putra diikuti tiga atlet.

“Sesuai jadwal, Sulbar mulai main hari Selasa (21 November),” kata Manajer Kontingen Sulbar, Andhika Habdya Nahyan.

Andhika mengaku, kontingen Sulbar telah mengikuti Training Center (TC) selama sepuluh hari di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Sulbar sebelum mengikuti Pra PON di Bogor.

“Para atlet berasal dari Polman, Mamuju, Mamuju Tengah dan Pasangkayu. Kami optimis bisa meraih hasil maksimal di Pra PON nanti,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulbar, Safaruddin Sanusi DM menyampaikan dukungannya terhadap atlet panahan Sulbar yang bakal bertanding pada Selasa 21 November, mendatang.

“Selamat bertanding, tetap semangat dan harumkan nama Sulbar,” pesan Safaruddin.

Dispora Sulbar, kata dia, terus berkomitmen mendukung pengembangan prestasi serta pembibitan atlet di Sulbar dalam upaya memajukan olahraga di provinsi ke 33 di Indonesia ini.

Mantan Sekretaris DPRD Sulbar ini berharap, dalam laga babak kualifikasi Pra PON ini, Sulbar kembali menorehkan hasil maksimal dan dapat meraih tiket PON untuk Cabor panahan.

Safaruddin juga meminta seluruh doa dan dukungan dari warga Sulbar untuk para atlet yang akan bertanding agar dapat mengharumkan nama baik Sulbar.

Safaruddin menyebut, saat ini sudah 12 Cabang Olahraga (Cabor) Sulbar yang telah dipastikan lolos pada PON Aceh-Sumatera 2024.

12 Cabor tersebut, yakni Gate Ball, Tinju, Soff Tennis, Balap Motor, Balap Sepeda, Karate, Catur, Sepak Bola, Futsal, Takewondo, Atletik Jalan Cepat dan Dayung.

Babak Kualifikasi PON 2024 berlangsung 18-24 November, di Stadion GOR Pajajaran, Bogor, Jawa Barat. Sebanyak 585 atlet panahan dari 35 provinsi di Indonesia akan berjuang mendapatkan tiket PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara.

Ketua Umum PB Perpani, Arsjad Rasjid mengatakan, rangkaian pertandingan cabor panahan, baik kualifikasi PON XXI Aceh, Sumatera Utara, merupakan bagian dari pembinaan dan pengembangan prestasi berjenjang, terutama dalam menjaring bibit atlet muda, berbakat, dan berprestasi untuk tujuan jangka panjang.

“Pesan saya untuk para atlet panahan, bertandinglah secara fair dan kompetitif. Manfaatkan kesempatan ini sebagai bagian dari proses untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi. Setiap momen kejuaraan, termasuk kualifikasi dan Kejurnas tersebut merupakan upaya untuk mengukur sejauh mana kita kompetitif dan kembali terus melompat lebih jauh. Kalah atau menang adalah bagian dari proses menuju prestasi yang lebih baik,” pungkas Arsjad Rasjid. (jaf)

  • Bagikan