Diduga Kompor Meledak, Satu Rumah di Manding Ludes Terbakar

  • Bagikan
DAMKAR. Anggota Damkar Polman berusaha memadamkan api yang membakar rumah milik warga Manding, Muh Rizki, Minggu 24 September 2024.--ist--

POLEWALI RADAR SULBAR — Sebuah rumah milik warga di Jalan Dg Ngimpung Kelurahan Manding Kecamatan Polewali ludes terbakar, Minggu 24 September. Peristiwa kebakaran ini terjadi sekira pukul 11.30 Wita membuat warga panik karena berada di pemukiman padat penduduk.

Rumah panggung milik Muh Rizki ini diduga terbakar dari ledekan kompor gas. Sebelum kejadian pemilik rumah sedang memasak kemudian ditinggalkan mencuci piring. Peristiwa ini membuat rumah milik Muh Rizki rata dengan tanah termasuk satu unit motor yang terparkir di bawa kolong rumah.

“Selain dua unit motor harta benda pemilik rumah habis terbakar. Bahkan saat terjadi kebakaran terdengan ledakang tabung sehingga warga takut mendekat untuk memadamkan api,” ujar salah seorang warga Usman.

Untungnya dalam kejadian ini tak ada korban jiwa. Sejumlah tetangga korban melihat api tiba tiba membesar di bagian dapur. Kemudian api merembes ke dinding hingga atap. Sementara ledakan terjadi karena di atas rumah ada tiga tabung gas.

Saat kejadian warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Kemudian lima unit armada Damkar Polman datang membatu memadamkan api. Untungnya dalam kejadiaan ini tidak sempat merembet ke rumah warga lainnya.

Kepala UPTD Damkar Satpol PP Polman, Imran mengatakan setelah menerima laporan langsung menurunkan lima unit damkar untuk memadamkan kobaran api. Dibutuhkan waktu setengah jam lebih api bisa dikuasai. Walaupun tidak merembes ke rumah warga lainnya tetapi ada dua rumah terdampak karena diantisipasi agar api tidak merembes.

Ia menduga informasi di TKP, kebakaran berawal dari kompor gas, lantaran api muncul pertama kali dari dapur. Dalam kejadian ini korban mengalami kerugian sekira Rp 70 juta karena rumahnya ludes terbakar ditambah satu unit motor. (mkb/jaf)

  • Bagikan