Sulit Dijangkau Pemadam, Hutan Sulewatang Polman Terbakar

  • Bagikan

POLEWALI, RADAR SULBAR — Kawasan Hutan di Pegunungan Sulewatang Kecamatan Polewali terbakar Sabtu siang, 9 September 2023.

Lokasi kebakaran sulit dijangkau pemadam kebakaran. Bahkan lokasi kebakaran hutan sempat terpantau oleh citra satelit spot hot Manggala Agni Kementerian Kehutanan pada Sabtu 9 September.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kawasan hutan yang berbatasan dengan kebun masyarakat setempat ini terbakar sekira pukul 13.00 wita pada Sabtu siang. Kawasan yang terbakar ini terlihat dengan jelas dari Jalan Kartini Polewali dan Patoke Kelurahan Sulewatang.

Menurut salah seorang warga Kelurahan Sulewatang Bapa Ria mengatakan, areal yang terbakar adalah kawasan hutan bukan merupakan kebun masyarakat. 

“Yang terbakar ini tebing batu, jika dilihat tidak ada kebun masyarakat yang terbakar tapi dibawah tebing itu dan sekitarnya ada kebun warga,” jelas Bapa Ria saat ditemui di Kelurahan Sulewatang.

Api beberapa kali terlihat dan membesar apalagi area yang terbakar ini dengan cepat terbakar karena lokasinya tebing batu.

Terpisah, Kepala UPTD Damkar Polman Imran menyampaikan, pihaknya bersama dengan UPTD KPHL Mapilli sudah turun melakukan pemantauan ke Sulewatang,.

“Kami bersama dengan warga ke dekat lokasi yang terbakar hanya memang lokasi yang terbakar ini daerah tebing sehingga sulit untuk diakses,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, api tersebut telah padam dengan sendirinya
Sabtu malam pukul 20.00 Wita tidak lagi terlihat titik api disekitarnya. 

Kepala UPTD KPHL Mapilli Eko Saparianto menyampaikan, lokasi kebarakaran memang sulit di jangkau tetapi pihaknya bersama Babinsa sudah mengecek ke lapangan memang masih ada asap tetapi asap tersebut kemungkinan sisa ranting yang terbakar.

“Kita sudah diskusi dengan Manggala Agni yang terbakar ini memang sempat terbaca oleh spot hot. Tetapi setelah satu hari ini tidak masuk lagi di hot spot tetapi anggota tetap memantau,” jelas Eko Saparianto. 

Ia juga menyampaikan, yang terbakar ini tebing batu dan yang terpantau saat ini ada satu titik asap. (arf/mkb)

  • Bagikan