Pengguna Motor Matic Harus Paham Saat Memilih Oli Mesin

  • Bagikan
Penggantian oli mesin harus rutin dilakukan agar performa kendaraan terjaga [Ilustrasi]

Kedua jenis oli itu dibuat untuk memenuhi spesifikasi mesin yang sesuai juga dengan kebutuhan performa serta potensi beban yang akan diterima kendaraan.

“Perlu diingat kembali, karena memiliki desain mesin yang berbeda, pemakaian oli untuk motor transmisi manual dan motor matic, jelas berbeda satu sama lain. Tidak bisa bertukar spesifikasi karena transmisi manual memakai kopling basah, sementara motor matic memakai kopling kering,” ujar Hartanto.

Bagi pengguna motor matic 125 cc hendaknya juga rutin melakukan penggantian oli agar performa pelumasan tetap maksimal. Panduan mudahnya, penggantian oli setiap 2.000 hingga 3.000 kilometer, bisa juga pakai rentang waktu setiap dua bulan sekali.

Saat ini oli untuk motor matic bermesin 125 cc yang tersedia di pasar umumnya berada dalam kemasan 700 hingga 800 mililiter. Selaras dengan kapasitas oli pada motor matic harian ini yang berada pada kisaran 800 mililiter.

Sementara itu harga ecerannya juga cukup lebar, bisa dimulai dari kisaran Rp 40-80 ribu. Di bawah ini ada 10 macam merek oli 10W-30 yang bisa dipilih.

MOTUL Scooter LE

Memiliki spesifikasi antara lain; berstandar JASO MB dan API SL, ada kandungan ester serta aditif pembersih maupun anti aus komponen. Termasuk oli yang masuk kategori oli Mineral, lebih cocok untuk motor matic baru yang tingkat keausan mesin serta kebisingannya masih minim. Volume kemasan oli ini 800 mililiter.

REPSOL MXRMatic

Oli sintetik ini punya spesifikasi yang tertera pada kemasan; JASO MB dan API SL, klaim formulanya minim gesekan serta reduksi konsumsi bahan bakar. Ada ‘fitur’ XR- Technology membantu menjaga kebersihan mesin, mengisolasi partikel berbahaya dan menjaga lapisan anti aus. Volume oli ini seperti yang tercatum pada kemasan adalah 800 mililiter.

FEDERAL OIL Matic 30

Merupakan oli sintetik berstandar JASO MB dan API SL, mempunya empat formula unggulan. Pertama, Advanced Active Moly yang akan mengurangi gesekan komponen mesin sekaligu spenjaga suhu mesin. Kemudian ada Active Cleansing Molecule.

  • Bagikan