Berkat TMMD Krisis Air Bersih Teratasi

  • Bagikan

POLEWALI RADAR SULBAR — Air bersih jadi salah satu kebutuhan hidup sehari-hari warga. Sehingga TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-116 di Desa Ongko Kecamatan Campalagian Polman memprogramkan manunggal air. Walaupun program ini sasaran tambahan Satgas TMMD ke-1116 Kodim 1402 Polman tertapi sangat berdampak kepada masyarakat.

Warga Dusun Ongko Timur yang selama ini mengandalkan air bersih dari sungai yang jaraknya ratusan meter dari pemukiman. Berkat manunggal air bersih TMMD, krisis air bersih pun di Dusun Ongko Timur teratasi.

Proses pengeboran air bersih sementara dilakukan satgas TMMD ke-116 Kodim 1402 Polman di Dusun Ongko Timur Desa Ongko, Campalagian. Anggota TNI dan Polri yang tergabung dalam Satgas TMMD dibantu warga bahu membahu melakukan pengeboran ke sumber mata air serta membuat tower penampungan air bersih.

Dansatgas TMMD 116 Kodim Polman, Letkol Czi Masni Etha Yanurianedhi mengatakan manunggal air bersih, ini merupakan program dari Kepala Staf Angkatan Darat. Tujuannya untuk membantu kebutuhan masyarakat akan air bersih.

Dandim 1402 Polman selaku Dansatgas TMMD 116 menambahkan manunggal air merupakan wujud nyata kehadiran TNI-AD di tengah masyarakat sebagai solusi untuk sulitnya memenuhi kebutuhan air bersih.

“TMMD hadir untuk membantu masyarakat yang kesulitan. Termasuk kesulitan mendapatkan air bersih,” Kata Letkol Masni.

Sementara sasaran fisik TMMD kata Dandim diantaranya pembangunan jembatan, perintisan jalan, pembuatan duicker, rehab rumah warga miskin dan juga sasaran tambahan lainnya juga sementara berlangsung. Tentunya untuk mempermudah akses perekonomian masyarakat Ongko.

Salah seorang warga Ongko, Usman mengaku bersyukur dengan adanya sarana air bersih yang dibangun TNI melalui TMMD di kampungnya. Selama ini kata dia warga mengambil air dari sungai yang jaraknya ratusan meter dari pemukiman.

”Kalau air sungai banjir warga kesulitan air bersih. Sementara untuk membuat sumur agak sulit karena kondisi daerah kami di berbukit. Alhamdulillah berkat program TMMD kami bisa menikmati air bersih setelah sumur bor dan tower penampungan air selesai dibangun,” tandas bapak tiga anak ini. berpunsi

Hal sama diungkapkan Kepala Desa Ongko Sahariah mengaku sangat bersyukur atas kehadiran TMMD di desanya.

“Saya bersama masyarakat Desa Ongko merasa sangat bersyukur atas kehadiran TNI Manunggal Membangun Desa. Bukan hanya membangun jalan dan jembatan, namun sarana air bersih dan MCK juga tidak luput dari perhatian satgas TMMD,” tandasnya. (mkb)

  • Bagikan