Pasca Mudik Lakukan Hal Ini Agar Mobil Anda Tetap dalam Kondisi Optimal

  • Bagikan
Ilustrasi mengecek kendaraan.

RADARSULBAR.CO.ID – Setelah bermacet-macet ria serta menempuh perjalanan jauh saat mudik, sudah pasti mobil Anda membutuhkan perawatan agar tetap dalam kondisi optimal. Akan tetapi tak jarang pemilik mobil meremehkan tau tidak mengetahui bagian mobil yang harus diservice pasca mudik.

Padahal, meremehkan atau ketidaktahuan ini bisa membuat mobil Anda mengalami kerusakan yang tidak diinginkan di masa mendatang. Paling banyak terjadi adalah mengeluarkan biaya yang tak sedikit karena terlambat melakukan penanganan.

Maka dari itu penting bagi Anda pemilik mobil untuk mengetahui 3 bagian mobil yang harus diservis pasca mudik. Dengan mengetahui bagian-bagian ini, Anda bisa memastikan bahwa mobil Anda dalam kondisi baik dan terhindar dari kerusakan yang tidak perlu.

Setidaknya setelah Anda melakukan perjalanan mudik jauh lakukan servis agar kualitas mobil anda tetap terjaga. Perawatan sangat dibutuhkan untuk mobil setelah menempuh perjalanan jauh.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kualitas mobil anda setelah digunakan perjalanan mudik:

  • Cuci mobil segera dan pastikan bagian kolong juga dicuci dengan bersih. Jika perlu, lakukan pencucian ini ke car wash agar mobil bersih merata.
  • Jangan lupa untuk melakukan spooring roda supaya kondisinya tetap balance setelah melalui lubang dan melindas batu selama perjalanan mudik.
  • Periksa rem dan kopling mobil anda. Kesehatan rem dan kopling mobil anda mungkin akan menurut seiring dengan kondisi jalanan yang dilewati, seperti lalu lintas yang macet, banyak tanjakan atau pun medan berat lainnya.
  • Periksa kapasitas oli mesin lewat tongkat pengukur. Sebaiknya ganti baru meskipun baru menempuh 2.000 km. Sebab, oli telah bekerja keras menempuh putaran tinggi dan kemacetan selama berjam-jam. Oli mesin juga mungkin kotor akibat adanya karbon, asam dan zat kotoran lainnya dari proses pembakaran.
  • Periksa filter oli, busi, saringan udara dan saringan bahan bakar. Bersihkan dari kotoran yang menempel agar bisa kembali bekerja maksimal.
  • Periksa ketinggian air dalam radiator. Biasanya air radiator akan berkurang setelah mesin bekerja keras. Tambahkan coolant bila ketinggian air radiator tidak mencapai level maksimal gunakan air minum kemasan jika terpaksa.
  • Tune Up rutin di bengkel akan membuat mesin tetap awet,hal ini karena pada proses tune up keadaan komponen-komponen vital yang berhubugan dengan mesin seperti busi,filter bahan bakar dan oli akan terperiksa.

Lakukan beberapa hal diatas untuk menjaga kondisi kendaraan anda sehingga terhindar dari kerusakan yang berpotensi menjadi masalah dikemudian hari. (jpg)

  • Bagikan