Relawan Anies Kian Bertambah, Saat Ini Capai 104 Simpul

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSULBAR.CO.ID –Sebanyak 104 Simpul relawan yang berafiliasi dengan Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn).

Ketua Umum KoReAn Muhammad Ramli Rahim mengaku, basis simpul relawan Anies yang berafiliasi dengan KoReAn sangat beragam.

“Ada yang berbasis segmentasi generasi, ada yang berbasis teritorial, ada yang berbasis profesi, ada yang berbasis komunitas, ada yang berbasis gender, adapula yang berbasis pendidikan,” kata Ramli Rahim, Selasa 1 Maret 2023.

Dua tahun lalu ketika Jaringan Nasional Milenial Anies (Jarnas Mileanies) lahir, Ramli tak pernah berpikir bahwa simpul relawan Anies akan tumbuh menjadi sangat banyak. Hingga akhirnya dia harus membentuk sebuah konfederasi agar mampu berlaku adil buat semua simpul relawan yang lahir atau bergabung dengan KoReAn.

“Dalam waktu singkat puluhan simpul relawan hadir. Anehnya, relawan-relawan ini lahir tanpa harus diminta, tanpa harus diarahkan, bahkan tanpa harus didorong. Yang paling penting, tanpa harus didanai,” ujar Ramli.

Menurut Ramli, Anies Baswedan sungguh beruntung. Begitu banyak orang membangun dan mengembangkan relawan tanpa harus diberikan dana. Relawan-relawan tersebut mencetak atribut sendiri mulai dari kaos, jaket, rompi, stiker, kalender, bahkan hingga topi dan payung.

“Saking cepatnya pertumbuhan relawan sampai-sampai ada cukup banyak orang yang menuduh kami para relawan mendapat kucuran dana dari Amerika, dari Arab, dari Eropa. Padahal kami merasa ringan bergerak karena masing-masing dari kami mau menginfakkan sebagian hartanya bagi perjuangan yang kami yakini menuju Indonesia yang lebih baik,” tutur Ramli.

“Selain itu, masih ada simpul-simpul relawan Anies yang berkumpul di Forkom, KIB, dan Sekber. Saat ini totalnya hampir 300 simpul. Padahal pilpres masih sangat jauh,” tambahnya Ramli. (*)

  • Bagikan