Jadwal Liga 1 sampai Liga 3 Menyesuaikan dengan Keinginan FIFA

  • Bagikan
NZR Sumbersari menjadi jawara Liga 3 Jatim 2021 setelah mengalahkan Persedikab Kabupaten Kediri di babak final. (Angger Bondan/Jawa Pos)

JAKARTA, RADARSULBAR – PSSI sudah mengeluarkan rekomendasi. Kompetisi bakal dimulai lagi pada 25 November. Tapi, beberapa pihak berharap kompetisi yang berjalan bukan hanya Liga 1.

’’Tapi, secara paralel Liga 2 dan Liga 3 juga harus bisa berjalan,’’ kata Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim Amir Burhannudin.

Sejauh ini, Liga 2 dan Liga 3 juga ikut mandek pasca Tragedi Kanjuruhan (1/10). Padahal, Liga 2 sudah berjalan lima pekan, sedangkan Liga 3 Jatim sudah siap digulirkan.

Sejatinya Liga 3 Jatim dimulai pertengahan bulan ini. Total ada 54 tim yang ambil bagian musim ini. Mereka terbagi dalam 14 grup. Lalu, kapan Liga 3 Jatim akan bergulir? Asprov harus menunggu Liga 1 berjalan dulu.

’’Kalau 24 November (Liga 1) sudah jalan, PSSI Jatim bisa memulai Liga 3 Jatim pada awal Desember,’’ ungkap pria asli Tuban tersebut.

Nantinya, jadwal menyesuaikan dengan keinginan FIFA. Federasi sepak bola dunia itu memang ingin kompetisi diputar saat weekend saja. Yang jelas, Liga 3 Jatim sudah sangat siap diputar. Amir memastikan semua elemen sudah siap.

’’Sponsor juga banyak,’’ tambah pria yang juga CEO Deltras FC itu. Artinya, persiapan sudah sangat matang.

PSSI Jatim tidak hanya fokus pada Liga 3. Kompetisi kelompok umur juga terus diperhatikan. Musim ini ada Piala Soeratin U-13 dan U-15 di Jatim. Amir memastikan turnamen itu juga sudah siap digulirkan.

’’Kalau untuk turnamen Piala Soeratin U-13 dan U-15 bisa langsung kami gelar. Kami tinggal komunikasi dengan pihak keamanan. Kemudian menginstruksikan askab dan askot untuk bergerak,’’ jelasnya.

Amir berharap semua kompetisi dan turnamen bisa bergulir. Termasuk kompetisi kasta teratas. Sebab, setelah ini, timnas akan turun di ajang AFF. Belum lagi performa timnas junior juga sedang menanjak.

’’Kalau kompetisi tidak berjalan, sulit untuk mempertahankan performa para pemain timnas,’’ ucap Amir. (jpg)

  • Bagikan