Pentingnya Menjaga dan Meningkatkan Brand Image

  • Bagikan

KETIKA kita melakukan sebuah bisnis yang tentu saja image dari sebuah brand atau produk, jasa atau layanan yang dipasarkan perlu sekali dijaga dan dibangun untuk selalu mendapat tempat di hati konsumen. Hal ini yang kemudian mendorong para pelaku bisnis untuk menjaga dan meningkatkan Brand Image dari bisnis yang digeluti.

Oleh: Dr. Syahrinullah, SE, MM (Dosen FE Universitas Terbuka Majene)

Istilah brand image sendiri sebenarnya sangat erat pada pelaku bisnis apalagi yang berkaitan dengan penjualan produk atau layanan jasa bahkan di era sekarang brand image juga mulai dipelajari dan diterapkan pada lingkungan organisasi baik pemerintah dan swasta.

Istilah brand image adalah saduran kata dari Bahasa Inggris yang ketika diartikan didalam bahasa Indonesia dan disadur artinya adalah sebuah citra merek atau manajemen merek. Jadi citra merek atau Brand Image sendiri memiliki arti sebagai sebuah upaya pengelolaan suatu merek agar mendapat kesan mendalam dan positif dimata konsumen.

Pengelolaan merek ini sendiri dilakukan dengan upaya serta langkah positif dengan meningkatkan kualitas produksi barang itu sendiri. Peningkatan kualitas merek ini sendiri dilakukan secara berkepanjangan dan terus menerus guna mempertahankan animo konsumen dan loyalitas pelanggan.

Pengertian lainnya, citra merek atau brand ini sendiri merupakan sebuah pandangan atau penggambaran suatu merek saat pelanggan memikirkan suatu produk atau brand. Oleh sebab itu menjadi penting sekali untuk pebisnis dalam mempertahankan image brandnya tetap dalam status positif. Citra merek ini sendiri merupakan perspektif konsumen atas suatu produk berdasarkan kualitas nyata yang disajikan.

Terdapat beberapa Langkah atau strategi yang dapat dilakukan dalam meningkatkan citra merk atau brand image antara lain mencoba mendefinisikan identitas merek yang jelas dengan mulai mendefinisikan identitas merek anda, termasuk nilai-nilai inti, kepribadian merek, dan misi merek. Perbarui logo dan desain merek dengan cara evaluasi logo dan desain merek anda saat ini. Jika perlu, pertimbangkan untuk memperbarui atau menyempurnakannya agar lebih relevan dan menarik.

Pastikan logo dan desain anda mencerminkan identitas merek yang ingin anda sampaikan, Tingkatkan kualitas produk atau layanan dalam hal ini kualitas produk atau layanan yang tinggi adalah faktor penting dalam membangun citra merek yang positif. Pastikan produk atau layanan anda memenuhi harapan pelanggan dan memberikan nilai yang baik, fokus pada kepuasan pelanggan dengan memprioritaskan kepuasan pelanggan dan berikan pengalaman yang luar biasa dalam setiap interaksi dengan pelanggan anda. Bangun kehadiran online yang kuat dimana dalam era digital, memiliki kehadiran online yang kuat sangat penting. Buat situs web yang menarik, aktif di media sosial, dan terlibat dalam konten yang relevan dengan merek anda.

Perluas jangkauan merek dengan memikirkan tentang cara-cara baru untuk memperluas jangkauan merek anda. Ini bisa melibatkan kolaborasi dengan influencer, sponsor acara atau kegiatan yang relevan, atau mengembangkan kemitraan strategis dengan merek lain, komunikasikan nilai dan cerita merek anda dengan menggunakan saluran komunikasi yang tepat, baik itu melalui iklan, konten pemasaran, atau hubungan media, untuk menyampaikan nilai dan cerita merek anda kepada audiens. Cerita merek yang kuat dapat membangun ikatan emosional dengan pelanggan, Pantau reputasi merek secara teratur dengan memperhatikan apa yang dikatakan orang tentang merek anda di media sosial, ulasan online, dan platform lainnya.

Tanggapi dengan cepat dan secara proaktif terhadap masalah atau keluhan yang muncul, dan berupaya memperbaiki reputasi merek anda, Terlibat dalam kegiatan sosial dan lingkungan dengan berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan lingkungan yang konsisten dengan nilai dan misi merek anda. Evaluasi dan tingkatkan terus-menerus dengan terus mengukur dan mengevaluasi efektivitas upaya anda dalam meningkatkan citra merek. Dengan memantau kinerja dan menerima umpan balik dari pelanggan, anda dapat mengidentifikasi area di mana anda perlu meningkatkan atau mengubah strategi anda. Selalu beradaptasi dan melakukan perbaikan berkelanjutan untuk tetap relevan dan berdaya saing.

Pada akhirnya, peningkatan citra merek adalah suatu proses yang memerlukan perencanaan, konsistensi, dan komitmen untuk mencapai hasil yang positif. Dengan memperhatikan berbagai aspek ini dan terus beradaptasi dengan perubahan pasar dan kebutuhan pelanggan, anda dapat memperbaiki citra merek Anda dan membangun hubungan yang kuat dengan audiens anda. (*)

  • Bagikan