Disambut Gembira, Sandeq Race Jadi Ajang Silaturahmi Suku Mandar di Balikpapan

  • Bagikan
Masyarakat Kalimantan antusias ingin mengabadikan gambar mereka bersama dengan Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar. Arif Budianto/Radar Sulbar

POLEWALI, RADARSULBAR — Festival Sandeq Race menuju Ibu Kota Negara (IKN) disambut dengan riang dan gembira oleh Masyarakat Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur. Rabu 7 September 2022.

Bagi masyarakat suku Mandar yang ada di Balikpapan, Festival Sandeq Race 2022 ini adalah momen yang sangat langka yang dinantikan oleh masyarakat suku Mandar yang sudah menjadi warga Kalimantan.

“Kami sangat bersyukur karena Pemerintah Sulbar sudah melaksanakan event sandeq race ini yang memilih Balikpapan sebagai lokasi tujuan berlayar, moment ini menjadi ajang Silaturahmi bagi masyarakat suku Mandar yang sudah lama tinggal di Kalimantan,” ujar Ahmadi Azis.

Menurut Komisioner Bawaslu Balikpapan berdarah mandar ini mengatakan, ini adalah sejarah baru diamana perahu sandeq berlayar dari Polman melintasi selat Makassar menuju ke Kalimantan Timur tepatnya di Balikpapan.

Ia menyampaikan, masyarakat Mandar yang ada di Kaltim sangat antusias karena ini menjadi ajang silaturahmi yang bertemu setelah sekian lama tidak bertemu.

“Suasana batin kami ini membuat kami merasakan Sumerre Bulu-bulu yang berarti merinding karena haru, riang dan senangnya,”tutur Ahmadi Azis.

Warga dari Bontang,Berau dan lainnya sengaja datang untuk melihat perahu sandeq ini yang sandar dan dapat secara langsung bersilaturahmi dengan keluarga mereka yang menjadi awak sandeq.

Ia berharap Sandeq Race ini bukan hanya kali ini saja diadakan berlayar ke Balikpapan namun dapat berkelanjutan ditahun berikutnya.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar juga ikut terharu melihat sambutan masyarakat yang ada di Kalimantan yang menyambut kedatangan para peserta sandeq race.”Mewakili masyarakat Polman kami sangat berterimakasih kepada Masyarakat Kalimantan yang sudah menyambut sandeq race dengan riang dan gembira,” tandas Andi Ibrahim Masdar.

Ia juga menyampaikan, Kalimantan ini jauh sebelumnya sudah diterawang oleh nenek moyang suku Mandar bahwa di Kalimantan ini akan ada sesuatu yang besar dan sudah terbukti dengan kehadiran IKN.” ujar Andi Ibrahim Masdar.(arf)

  • Bagikan