Jelang Idul Adha, Cek Kesehatan Hewan Kurban

  • Bagikan
Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunak Abdul Gafur.--dok radarsulbar–

PASANGKAYU,RADARSULBAR– Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Pasangkayu bakal melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban jelang perayaan hari raya Idul Adha 1443 H.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunak Pasangkayu Abdul Gafur mengungkapkan, pengecekan kesehatan hewan kurban penting dilakukan demi memastikan hewan yang bakal disembelih pada hari raya nanti bebas penyakit.

Kata dia, pihaknya bakal segera bersurat kepada elemen terkait seperti Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Pasangkayu, para camat serta elemen lainnya, terkait rencana pemeriksaan hewan kurban.

“Kita mengantisipasi adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang lagi marak menjangkiti hewan ternak di Indonesia sekarang ini. Kami menyurat ke pihak-pihak terkait agar mudah mengkoordinasikan dengan pusat-pusat penjualan hewan ternak” jelasnya, Selasa 21 Juni 2022

Sambung dia, Disbunak Pasangkayu telah menyiapkan empat dokter hewan, yang akan turun langsung melakukan pemeriksaan kesehatan kepada hewan kurban. Rencananya dimulai pada 1 Juli nanti.

“Jadi nanti dibagi empat tim, yang menyasar semua kecamatan yang ada di Pasangkayu. Ada yang bergerak ke arah utara dan ada bergerak kearah selatan” pungkasnya.(nur/jaf)

  • Bagikan