Atlas Mineral dan Batubara Provinsi Sulawesi Barat

  • Bagikan

Saat ini pasar komoditas mineral dan batubara dunia sedang mengalami booming harga dan unpredicted conditions. Bebarapa komoditas mineral dan batubara mengalami peningkatan harga yang sangat tinggi.

Fenomena ini telah mendorong aktivitas eksplorasi dan investasi di sektor minerba meningkat secara siginifikan. Realita yang terjadi pada saat ini, sektor mineral dan batubara (minerba) sangat berperan penting dalam menumbuhkan ekonomi nasional, terutama di tengah-tengah kondisi pandemic covid-19.

Sayangnya, kondisi ini belum mampu dimanfaatkan oleh Indonesia secara optimal. Hal ini menyebabkan terhambatnya optimalisasi kontribusi sektor pertambangan dalam mendorong perekonomian nasional.

Kondisi ini telah memotivasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat untuk menyusun strategi pemanfaatan potensi sumberdaya mineral dan batubara berupa penyusunan altas Mineral dan Batubara.

Atlas Mineral dan Batubara Provinsi Sulawesi Barat tahun 2021 ini disusun oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Barat.

Penyusunan atlas mineral dan batubara oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Barat ini bertujuan untuk melakukan promosi potensi sumberdaya mineral dan batubara yang terdapat di Provinsi Sulawesi Barat.

Informasi yang terdapat dalam altas ini meliputi: deskripsi komoditas mineral dan batubara, deskripsi keterdapatannya (lokasi), peta lokasi komoditas, foto lapangan, foto sampel, foto sayatan tipis/poles, informasi kualitas komoditas (berdasarkan hasil analisis laboratorium), dan estimasi sumberdaya tereka.

Atlas mineral dan batubara ini merupakan hasil survei yang dilakukan di Sulawesi Barat pada tahun 2021. Seluruh informasi yang terdapat dalam atlas dapat dijadikan data awal bagi investor tambang untuk melakukan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi komoditasi mineral dan batubara.

Penyusunan atlas ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (khususnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dengan Center of Technology(CoT) Universitas Hasanuddin.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan dan membantu dalam penyelesaian Atlas Mineral dan Batubara ini. Semoga atlas mineral dan batubara ini dapat bermanfaat bagi seluruh pemangku kepentingan yang terkait dengan prospek komoditas mineral dan batubara di Provinsi Sulawesi Barat.

  • Bagikan