Transformasi Pelayanan ke Arah Digital, SPBE Sulbar Terus Meningkat

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR – Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemprov Sulbar meningkat dari kategori Cukup di tahun 2022 (2,42) menjadi kategori baik di tahun 2023 dengan nilai indeks 2,94.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Sulbar Mustari Mula mengatakan, capaian itu tidak lepas dari terobosan Pj Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh dalam melakukan transformasi dalam pelayanan ke arah digitalisasi. Hal ini diterapkan mulai dari internal pemprov, hingga menular ke sekolah-sekolah dan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM)

“Transaksi non tunai di belanja masyarakat, Peningkatan layanan digitalisasi sektor pelayanan publik, peningkatan infrastruktur jaringan internet di lembaga pemerintahan dan publik. Inilah yang terus kita dorong,” ucap Mustari.

Bahkan seluruh Pemerintah Kabupaten se Sulbar telah menerapkan Tanda Tangan Elektronik.

“Khusus untuk nilai Indeks kematangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun, alhamdulillah nilai SPBE kita sudah mengalami peningkatan dari kategori Cukup di tahun 2022 (2,42) meningkat menjadi kategori baik di tahun 2023 dengan nilai indeks 2,94,” bebernya.

Dengan capaian itu, dia berharap agar nilai Indeks kematangan SPBE Sulbar lebih meningkat lagi di Tahun 2024.

“Kita berharap partisipasi dan kolaborasi dan komitmen semua OPD untuk membenahi indikator indikator yang nilainya masih kurang pada domain Kebijakan, Manajemen, Tata Kelola dan Layanan SPBE,” tandasnya.(jaf)

  • Bagikan