Sampah di Pasar Wonomulyo Mulai Diangkut

  • Bagikan

POLEWALI RADAR SULBAR –Tumpukan sampah di depan Pasar Ikan Wonomulyo Kabupaten Polman mulai dibersihkan dan diangkut oleh armada sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Polman, Sabtu 13 Januari 2024

Pembersihan sampah ini dipimpin langsung Pj Bupati Polman Muhammad Ilham Borahima bersama Plh Sekkab Polman Agusniah Hasan Sulur, Kadis DLHK Mohammad Jumadil Tappawali, Camat Wonomulyo Samiaji dan Kabag Humas Sulaeman Makka. Kegiatan pembersihan sampah ini selain melibatkan petugas DLHK juga anggota Kodim 1402 Polman dipimpin Danramil Wonomulyo Kapten Inf Subarkah.

Pembersihan sampah ini menggukan alat berat loder yang menakkan ke truk armada sampah berjumlah sembilan unit. Sampah di Pasar Ikan Wonomulyo ini sudah menumpuk sejak sepuluh hari lalu.

Pj Bupati Polman Muhammad Ilham Borahima mengaku mulai Sabtu ini pihaknya berusaha membersihkan sampah yang sudah sepekan ini menumpuk diberbagai titik baik di Wonomulyo maupun di Polewali. Ini merespon keluhan masyarakat terkait dengan menumpuknya sampah disejumlah lokasi yang sudah mengeluarkan bau busuk.

Ini merupakan langkah jangka pendek dalam mengatasi sampah yang sudah menumpuk sejumlah titik. Kemudian membuang di lokasi tanah pemerintah untuk sementara waktu.

Pj Bupati Polman Ilham Borahima mengatakan hari ini seluruh sampah di Kecamatan Wonomulyo dan Polewali mulai diangkut. Pj Bupati Polman mengatakan sampah yang diangkut ini akan dibawa ke tahan pemerintah tanpa menjelaskan secara gamlang lokasi yang dimaksud.

Tetapi infomasi yang didapatkan sampah tersebut akan dibuang di area Pacuan Kuda Sport Center kemudian ditimbun tanah. Ilham Borahima mengaku solusi jangka pendek menimbun sampah dengan cara sistem buka tutup, atau gali timbun.

“Kemudian solusi jangka panjang akan segera menyelesaikan akses jalan ke TPA Sattoko agar sampah bisa dibuang disana (TPA Sattoko). Paling tidak dua pekan kedepan sudah bisa ditempati dan dilengkapi dengan mesin pengolahan,” terangnya.

Sementara Danramil Wonomulyo Kapten Inf Subarkah mengaku keterlibatan dalam pembersihan sampah di Pasar Ikan Wonomulyo sejalan dengan kegiatan Karya Bakti TNI yang memang diperintahkan oleh Kepala Staf AD yang setiap pekan dilakukan. Sasarannya memang membersihkan pasar, tempat ibadah dan fasilitas umum. Ia mengaku TNI siap selalu bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam program kebersihan dan lingkungan. (mkb)

  • Bagikan