Kementerian ESDM Siap Bangun PLTMH di Desa Sandapang Kalumpang

  • Bagikan

BALI, RADAR SULBAR –Kementerian ESDM berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), salah satunya di Desa Sandapang, Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Mamuju.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas ESDM Sulbar Amir, kata dia rencana itu dibahas dalam Sosialisasi dan Koordinasi Rencana Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpadu dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Tahun Anggaran 2024 yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM di Holiday Inn Resort Baruna Bali, Selasa 14 November 2023.

“Dalam pertemuan itu, Direktorat Jenderal EBTKE mengalokasikan anggaran untuk infrastruktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, khususnya PLTS Terpadu dan PLTMH. Rencana tersebut sejalan dengan program prioritas pemerintah di bidang energi dan ketenagalistrikan yang tercantum dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2024.,” ucap Amir

Amir mengatakan pembangunan PLTMH itu direncanakan 2024. Alasan memilih di Sulbar untuk mengatasi kekurangan pasokan listrik yang masih dirasakan oleh masyarakat setempat. Tim survei Kementerian ESDM telah melakukan penelitian dan penyusunan rencana anggaran untuk pembangunan PLTMH di desa tersebut.

Amir menekankan pentingnya pengelolaan dan manajemen PLTMH setelah pembangunan. Olehnya itu, Ia menginginkan partisipasi aktif masyarakat dalam merawat dan mengelola PLTMH yang mereka terima sebagai hibah.

“Salah satu cara yang disarankan adalah membentuk tim operator masyarakat yang bertanggung jawab penuh terhadap perawatan PLTMH,” ucapnya

Alternatif lain adalah menjalin kerja sama dengan PLN untuk pengelolaan yang lebih efisien, sehingga masyarakat dapat menikmati listrik dengan lebih baik.

Amir berharap pemerintah pusat dapat melakukan langkah serupa, yaitu membangun PLTMH dan PLTS terpadu di desa-desa yang masih kekurangan pasokan listrik karena terbatasnya anggaran di tingkat provinsi. (jaf)

  • Bagikan