Evaluasi Kinerja Pemprov Sulbar Triwulan III, Prof.Zudan Dorong OPD Terus Lahirkan Terobosan

  • Bagikan

JAKARTA, RADAR SULBAR –Pj Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh di mempresentasikan capaian kinerja pemprov Sulbar periode Agustus hingga November 2023 di hadapan Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tomsi Tohir dalam rangka evaluasi kinerja Pj Gubernur Sulbar di Kemendagri Sabtu 18 November 2023

Pj Gubernur Sulbar menyampaikan selama periode Agustus-November telah menjalankan 227 kegiatan, baik di sektor pelayanan publik maupun penanganan 4+1 Sulbar , yakni Kemiskinan Eksterm, Stunting, Anak Tidak Sekolah, Perkawinan Anak, dan Inflasi.

Zudan menguraikan, pertumbuhan ekonomi menunjukkan tren positif. Pada Triwulan II 6,41 persen meningkat pada triwulan III sebesar 7,5 persen. Saat ini inflasi Oktober di Sulbar diangka 2,92 persen secara yers on year, terendah ketiga di Indonesia.

Untuk stunting telah dilakukan perbaikan 1.106 balita dan telah melakukan intervensi sebanyak 51.215 balita, sedangkan ATS kini menurun ke angka 32 ribu dari 48 ribu tahun 2022.

Selanjutnya Penanganan kemiskinan ekstrem yang turun dari angka 2,94 persen pada 2022 menjadi 0,75 persen. Begitupun Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) menurun dari Agustus 2023 sebesar 2,27 persen, turun 0,07 persen poin dibanding Agustus 2022.

Pemprov juga mendorong optimalisasi pelayanan RSUD di Sulbar serta meningkatkan pelayanan di sisi perizinan.

Dalam paparannya Sestama BNPP ini juga mengurai beberapa prestasi kinerja pemprov Sulbar serta mengapresiasi OPD yang meriah penghargaan, diantaranya Penghargaan Indonesia Awards 2023 dari MNCM atas Penerapan Aplikasi Srikandi. Penghargaan dari Arsip Nasional RI sebagai Pemerintah Daerah yang telah menerapkan SPBE Melalui Aplikasi SRIKANDI Pada Seluruh Perangkat Daerah. Sulbar juga menjadi instansi terbaik kedua Pemanfaatan aplikasi Srikandi.

Selain itu, Sulbar Terbaik II Wilayah Sulawesi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah TP2DD, Penghargaan Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Nasional Tahun 2023, Penghargaan Dana Insentif Fiskal pengendalian inflasi.

Zudan berharap capaian ini dapat terus ditingkatkan, salah satunya dengan meningkatkan koordinasi, baik antar OPD , forkopimda Sulbar dan pemkab.

“Mari terus menghadirkan inovasi atau terbosan dalam menata pemerintahan dan berdampak langsung kepada masyarakat,’ ucap Zudan. (jaf)

  • Bagikan