P4MI Sulbar Terbentuk, Dekatkan Pelayanan dan Perkuat Perlindungan Pekerja Migran

  • Bagikan

JAKARTA, RADAR SULBAR — Pos Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P4MI) Sulbar resmi terbentuk, tepatnya di Kabupaten Polewali Mandar, Selasa 17 Oktober 2023.

Turut hadir Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulbar Andi Farid Amri.

Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh mengatakan , pembentukan P4MI dan pengurus Korpri BP2MI menjadi komitmen serius pemerintah mendekatkan layanan kepada masyarakat.

“Tentu kita bersyukur bisa membentuk sebuah tempat sebagai post yang bisa memberikan perlindungan dan layanan bagi pekerja Migran.
Terima kasih untuk Kepala BP2MI yang memberi ijin pendirian,” kata Sestama BNPP ini

Ia mengatakan, pembentukan P4MI merupakan langkah yang tepat sebab saat ini seluruh layanan yang ada telah terpenuhi dengan baik dan siap untuk mengoperasikan P4MI.

“Saya mendukung penuh apalagi ini juga menjadi arahan Bapak Presiden untuk memberikan perlindungan dari ujung rambut sampai ujung kaki, ini juga menjadikan usaha perluasan tenaga kerja sampai keluar negeri secara legal dengan perlindungan yang maksimal,” ucap Zudan.

Ia meminta seluruh pengurus yang ada agar mendukung penuh program yang dicanangkan pemerintah pusat, sebagai komitmen untuk menyerap secara maksimal tenaga kerja sekaligus juga dengan memberikan perlindungan yang optimal.

Prof Zudan juga mengaku bersyukur karena telah terbentuk pengurus Korpri bagi jajaran BP2MI, ini menunjukkan ekosistem ASN harus terus ditingkatkan menjadikan ASN berprestasi dan berinovasi serta berkinerja tinggi.

“Ini sejarah di Korpri, karena Korpri pertama terbentuk di BP2MI, Korpri kita dorong agar membuat program yang berdampak langsung ke masyarakat dan berdampak kepada anggota,” kata Zudan.

Mewakili Kepala BP2MI, Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI Lasro Simbolon, menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar menjadi momen penting dan menjadi sejarah bagi Korpri sebab digelar secara sekaligus dengan pelantikan.

“Kita juga bersyukur pembentukan P4MI Sulbar merupakan bagian integral berbenah secara berkelanjutan BP2MI,” kata Lasro Simbolon.

Ia mengatakan, Pembentukan P4MI menunjukkan bahwa BP2MI sampai pada keyakinan bahwa pekerja migran adalah pejuang Keluarga, pahlawan devisa yang harus dimuliakan, kemudian berbenah kedalam melakukan perlindungan.

“P4MI menjadi command center menjadi basis data menjadi instrumen garis pertama dalam memberikan perlindungan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, Pembentukan P4mi di Polewali Mandar Sulawesi Barat menjadi sejarah untuk semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat kita berkeyakinan idealisme, penguatan pekerja, perlindungan akan terus bisa terwujud,” tutupnya. (jaf)

  • Bagikan