Kejurnas Karate, Sulbar Raih Medali Emas dan Perunggu

  • Bagikan

KUPANG, RADARSULBAR.CO.ID — Dua atlet asal Sulbar berhasil menyumbang dua medali di hari pertama pertandingan, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate se Indonesia Tahun 2023 di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu 13 Juli 2023.

Pertama, Naufal Nizar Darmawan yang merupakan siswa SMP Negeri 4 Mamuju, meraih medali emas atau juara I Kumite Perorangan Putra -55 Kg kategori SMP. Naufal berhasil mengalahkan atlet PPLP asal Provinsi Gorontalo.

Kedua, Nabila Samuel yang juga siswa SMP Negeri 4 Mamuju yang berhasil meraih medali Perunggu sebagai juara ketiga Kumite Perorangan Putri -53 Kg kategori SMP.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulbar, Safaruddin Sanusi DM menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas prestasi yang diraih atlet PPLP asal Sulbar ini. Apalagi atlet karate ini baru pertama kali mengikuti Kejurnas PPLP dan langsung mendapat medali emas dan perunggu.

“Atas nama pemerintah tentu sangat mengapresiasi hasil sementara yang diraih anak-anak PPLP kita. Ini membuktikan bahwa pembinaan olah raga di PPLP khususnya karate sangat dibutuhkan sebagai bentuk pembinaan olahraga usia dini,” sebut Safaruddin

Sebenarnya Kejurnas Karate 2023 kali ini diikuti 24 sentra pembinaan dari 18 provinsi se Indonesia. Sulbar sendiri telah mengutus 5 atlet dari Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Sulbar

Untuk 3 atlet PPLP Sulbar kategori SMA baru akan berlaga besok dan lusa melawan beberapa atlet dari berbagai Provinsi.

“Jadi ini luar biasa. Sebagai Kepala Dispora Sulbar tentu kita juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh kontingen Sulbar, mulai dari ketua kontingen, pelatih dan kawan-kawan di PPLP yang selama ini membina, termasuk Kabid PPLP Pak Muhammad Sabir yang membina dan melatih anak-anak kita,” ucapnya.

Lanjut Safaruddin tentunya akan memberikan apresiasi kepada yang memperoleh mendali, baik emas, perunggu dan perak.

“Sesuai arahan pimpinan, baik Pak Pj Gubernur Sulbar maupun Pak sekda akan diberikan apresiasi dan penghargaan. Dan jumlahnya ditentukan setelah selesai pertandingan di Kupang tanggal 15 Juli nanti,” tambah Safaruddin.

Apalagi, sambung Safaruddin, Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakhrulloh juga merupakan olahragawan karate, sehingga menyampaikan apresiasi atas perolehan membanggakan dari PPLP Sulbar.

“Pak Pj. Gubernur telah mengapresiasi hasil sementara yang dicapai anak-anak PPLP kita, apalagi beliau adalah latar belakan olahraganya adalah Karate, maka tentu sangat bangga dan senang atas prestasi ini degan harapan bahwa PPLP kedepan tentu lebih baik lagi kualitas pemain dan fasilitas tempat latihan para atlet kita,” jelasnya.

Safaruddin mengaku, Pemprov akan terus memberikan dukungan kepada PPLP dalam meningkatkan prestasi olahraga, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Intinya kita akan selalu support generasi kita untuk menjadi atlet-atlet berprestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional,” harapnya. (jaf)

  • Bagikan