Gatebal, Cabor Pertama di Sulbar Dapat Tiket PON XXI Aceh-Sumut 2024

  • Bagikan

TANGERANG, RADARSULBAR.CO.ID –Cabang Olahraga (Cabor) Gatebal Sulbar kini dipastikan dapat mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh dan Sumatera Utara setelah mengikuti Babak Kualifikasi PON XXI Cabang Olahraga Gateball oleh Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi), di BSD, Tangerang, 21-25 Juni 2023.

Gatebal Sulbar telah memboyong 13 atlet dengan mengikuti lima nomor pertandingan, yakni Nomor Single putri, single putra, doble putra, Triple putra, dan triple campuran.

Untuk doble putra dan triple putra telah gugur namun terbayar dengan kemenangan pada nomor pertandingan Single Putri. Kini menunggu hasil pertandingan untuk nomor pertandingan triple campuran dan single putra, melawan 29 provinsi yang mengikuti kualifikasi tersebut.

Atas keberhasilan itu, ketua rombongan Gatball Sulbar Ince Rachmad mengapresiasi atas semangat para atlet Gateball Sulbar. Menurutnya suatu kebanggaan sebab PON sebelumnya di Papua Sulbar belum mendapat kuota untuk mengikutkan Cabor Gateball. Namun untuk PON berikutnya, Cabor Gateball Sulbar menjadi Cabor pertama mendapat tiket masuk PON Aceh-Sumut.

Dia pun optimis Gateball Sulbar menjadi salah satu Cabor yang berpeluang meraih medali pada PON mendatang. Karenanya, Plt Kepala Dinas PUPR Sulbar berkomitmen mendukung pembinaan atlet gateball Sulbar kedepan.

“Cabor Gateball ini bisa diandalkan sehingga kedepan sebaiknya terus dilakukan pembinaan, dan menyasar generasi mulai dari sekolah-sekolah sehingga olahraga Gateball ini semakin digandrungi masyarakat,” ungkapnya.

Manager Cabor Gateball Sulbar Firman Juan Mallarangang menjelaskan, kualifikasi Cabor Gateball ini akan mengambil enam provinsi pada setiap nomor pertandingan

“Jadi 29 provinsi yang ikut hanya enam provinsi ikut di masing-masing nomor. Doakan mudah-mudahan nomor lain bisa menyumbang medali yang menjadi syarat ikut PON Aceh 2024 mendatang,” tutur Firman. (jaf)

  • Bagikan