Melihat Tampang dan Fitur Kia EV9 yang Baru Diluncurkan

  • Bagikan
Ilustrasi: Kia luncurkan EV9 di pasar AS. (Kia).

RADARSULBAR.CO.ID – Setelah memasuki elektrifikasi generasi baru dengan EV6, minggu ini di New York Auto Show, Kia mengungkapkan mobil listrik baru yang akan datang yakni EV9.

Seperti EV6 dan EV terbaru Hyudai termasuk Ioniq 5 dan Ioniq 6, EV9 didasarkan pada platform E-GMP yang mendukung arsitektur 800 volt dan pengisian daya hingga 350 kW yang menurut Kia dapat mengisi ulang baterai dari 10 hingga 80 persendalam 25 menit.

Untuk jangkauan, EV9 akan tersedia dalam beberapa konfigurasi berbeda dimulai dengan model dasar yang menampilkan satu motor yang dipasangkan dengan baterai 76,1 kWh, sedangkan versi jarak jauh akan hadir dengan paket daya 99,8 kWh yang lebih besar.

Sayangnya, kedua model tersebut tidak akan terlalu cepat, dengan perkiraan waktu 0 hingga 60 sekitar 8,2 detik untuk model dasar, yang sebenarnya turun menjadi 9,4 detik untuk model jarak jauh karena baterainya yang lebih besar dan lebih berat.

Dari segi desain, Kia EV9 menampilkan proporsi yang mirip dengan Kia Telluride, hanya sentuhannya sedikit lebih panjang dari SUV bertenaga khas Kia. Namun perbedaan sebenarnya adalah gayanya, yang berani dan modern, menampilkan siluet kotak-kotak yang diperhalus oleh lekukan yang cukup dan garis bodi yang menyapu sehingga tidak terlihat terlalu sci-fi, seperti Ioniq 7 yang akan datang dari Hyundai .

Di depan, Kia menawarkan gril hidung harimau digital, yang menampilkan lampu tersembunyi yang bahkan dapat disesuaikan dengan pilihan animasi. Selain itu, karena EV9 akan menjadi mobil pertama Kia yang mendukung pembaruan over-the-air, Anda akan dapat mengunduh perangkat lunak baru termasuk hal-hal seperti pola pencahayaan tambahan pascarilis.

Mobil ini juga dilengkapi 15 sensor eksterior termasuk dua rangkaian LiDAR di depan yang menggunakan deteksi objek untuk membantu pengemudi menemukan potensi hambatan. Dilansir via Engadget, di dalam, desain EV9 berpusat pada gagasan “reduksionisme” dan “teknologi untuk kehidupan”.

Ide ini dapat Anda lihat dalam hal-hal seperti sakelar haptic tersembunyi di dasbor yang hanya terlihat saat mobil menyala dan konsol tengah dua tingkat yang cerdas yang menawarkan banyak penyimpanan untuk penumpang di kursi depan dan baris kedua.

Kia bahkan memasukkan sedikit sentuhan desain seperti sandaran kepala jaring di depan, yang dimaksudkan untuk memberi orang tua cara yang lebih mudah untuk memeriksa anak-anak di belakang.

Terakhir, dalam hal teknologi, EV9 harus memiliki perlengkapan yang cukup baik. Mobil tersebut akan dilengkapi dengan kunci mobil digital yang bekerja dengan konektivitas NFC dan UWB. Ada juga tampilan head-up penuh warna untuk pengemudi yang terpasang di dasbor bersama dengan sistem kamera pandangan belakang opsional, bukan cermin tradisional.

Di dalam, ada beberapa layar untuk fungsi entertainment dan navigasi pengemudi dengan tombol kombinasi sentuhan konvensional dan layar sentuh.

Dan seperti setiap mobil bagus saat ini, EV9 memiliki charger nirkabel built-in dan banyak port USB-C (dua untuk setiap baris kursi),

Secara mesin, kendaraan ini memiliki jangkauan hingga 482 km dengan konfigurasi AWD vektor torsi motor ganda sebesar 283 kW (379 hp), dapat menghasilkan torsi 516 lb-ft. Mobil ini juga mampu berakselerasi dari 0-60 mph (0-96 km/j) hanya selama 5 detik. (jpg)

  • Bagikan