35 Hektar di Polman Siap Jadi Sumber Pengembangan Benih Induk Hortikultura

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik meninjau lahan perkebunan di Kecamatan Luyo, Polman, Minggu 15 Januari 2023. --imran jafar/radarsulbar --

POLMAN, RADARSULBAR — Lahan perkebunan seluas 35 hektar di Desa Batupanga Daala Kecamatan Luyo Kabupaten Polman dipersiapkan menjadi sumber pengembangan benih induk Hortikultura.

Hal itu disampaikan Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik saat meninjau lahan perkebunan tersebut, Minggu 15 Januari 2023.

Kunjungan PJ Gubernur ke Luyo untuk lahan perkebunan itu sudah kedua kalinya, Terakhir pada 30 Juli 2022, saat itu masih banyak kondisi lahan belum tergarap. Apalagi diketahui lahan tersebut menyerap menyerap Rp400 juta APBD namun hanya mampu menghasilkan Rp80 juta per tahun.

Berbeda kondisi sekarang, sebagian lahan sudah ditanami jagung dan kedelai, beberap bagian lahan lainnya proses penggarapan dipersiapkan untuk menanam berbagai macam buah-buahan, seperti jeruk, jambu dan lainnya.

Rencananya, lahan tersebut menjadi lokasi pengembangan benih induk Hortikultura. Dengan begitu Sulbar dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan bibit.

“Selama ini kita masih mengimpor dari Maros, kita berharap tahun ini tidak lagi, kita mandiri untuk kebutuhan bibit kita,” ujar Akmal

Akmal juga berharap Dinas Perkebunan Polman berkoordinasi dengan PUPR Sulbar untuk menurunkan alat berat demi mempercepat proses penggarapan lahan.(jaf)

  • Bagikan