Mengasah Kemampuan Berbahasa Asing Bagi Anak, Apakah Perlu?

  • Bagikan
Ilustrasi bahasa asing

Bahasa Indonesia atau bahasa ibu adalah hal yang harus diajarkan dengan lengkap terlebih dahulu. Ketika anak sudah bisa berbicara, saatnya menambahkan pengetahuan bahasa asing pada anak.

Belajar bahasa asing sejak dini disebut dapat memberi manfaat yang luar biasa pada otak. Terbiasa menghafal kosakata dalam waktu yang lama akan merangsang fungsi memori anak dan membuatnya menjadi lebih tajam.

Kebiasaan mengingat ini pun akan terbawa ke kehidupan sehari-hari dan membuat anak menjadi lebih mudah mengingat hal-hal lain, termasuk pelajaran di sekolah. Sehingga meningkatkan daya ingat anak.

Selain itu, anak lebih kreatif, dimana anak bereksperimen dengan kata dan ungkapan baru setiap harinya. Tentu hal itu juga akan menjadi stimulan yang baik untuk otak anak serta dapat meningkatkan rasa percaya diri anak.

Hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak meningkatkan kemampuan bahasa asingnya yaitu, dengan mengikutkan anak les bahasa Inggris, mengajarkan anak melalui buku gambar, games edukatif, video, lagu, dan channel TV berbahasa asing.

Mendengarkan lagu berbahasa Inggris juga dapat dijadikan sebagai pembelajaran yang sesuai dengan psikologi anak. Sebagai tahap awal, anak dapat diajarkan lagu anak-anak seperti twinkle little star, dan lain sebagainya karena dapat membangun kesesuaian pronounciation bahasa dalam diri anak.

Menonton film-film animasi sebagai sarana untuk memikat minat anak dalam mempelajari bahasa Inggris, seperti film animasi standar yang sesuai seperti Dora the Explorer, dan lain-lain. (***)

  • Bagikan