Lawan Stunting, Bupati Mamuju lakukan Deklarasi bersama Masyarakat

  • Bagikan
Koordinator Bidang KB & KR Perwakilan BKKBN Sulbar, Walfaidhin foto bersama Bupati Mamuju Sutinah Suhardi dan peserta lainnya.

MAMUJU, RADARSULBAR — Deklarasi melawan stunting digelar Pemerintah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Deklarasi ini sebagai wujud keseriusan pemerintah setempat untuk mempercepat penurunan angka stunting di daerah ini.

“Salah satu upaya yang gencar kami laksanakan dalam menurunkan angka stunting dengan menggelar program grebek stunting di seluruh kecamatan,”kata Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi dalam sambutannya.

Deklarasi melawan stunting yang dihadiri Koordinator Bidang KB & KR Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat, Walfaidhin, serta Kepala Dinas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Mamuju, dr. Hajrah As’ad,  berlangsung di Lapangan Ahmad Kirang Kabupaten Mamuju, Sabtu, 3 September 2022.

Menurut Sutinah, pemerintah Kabupaten Mamuju giat melaksanakan sejumlah kegiatan untuk menurunkan angka stunting, salah satunya program grebek stunting yang digelar pada seluruh kecamatan. Diakui, program grebek stunting berhasil menurunkan angka stunting sebesar 83 persen.

“Alhamdulillah, per agustus 2022, bisa diturunkan sebesar 83 persen. Ini sebuah prestasi tertinggi yang dicapai pemerintah Kabupaten Mamuju,” ungkap Sutinah, sembari berharap kepada seluruh pimpinan OPD, Camat, Lurah/Kepala Desa se-Kabupaten Mamuju untuk mempertahankan keberhasilan tersebut.

Sutinah meminta masyarakat dan pemerintah bahu membahu untuk menekan angka stunting di daerah ini. Harapannya, pada tahun 2024 mendatang, angka stunting di Mamuju berada di bawah target nasional sebesar 12 persen.

Pada kesempatan sama, Koordinator Bidang KBKR Perwakilan BKKBN Sulbar, Walfaidhin mengatakan, deklarasi Mamuju melawan stunting merupakan momentum penting, bentuk keseriusan pemerintah dan masyarakat untuk menurunkan angka stunting.

“Kita lihat dari berbagai lintas sektor menyatakan komitmen bersama dalam mendukung program percepatan penurunan stunting. Ini menjadi momentum untuk kita semua dalam bersinergi melaksanakan aksi nyata sebagai wujud dukungan dalam gerakan melawan stunting,” pungkasnya.

Kegiatan ditandai dengan pelepasan balon ke udara dilanjutkan pembacaan deklarasi Mamuju Melawan Stunting oleh Bupati Mamuju, serta penandatanganan dan cap tangan sebagai bentuk komitmen masyarakat serta pemerintah dalam menurunkan stunting khususnya di Sulawesi Barat. 

Kegiatan ini diakhiri dengan acara senam bersama, games dan pembagian doorprize kepada peserta.

Turut menghadiri kegiatan ini, Forkopimda Kabupaten Mamuju, Seluruh Pimpinan OPD, Camat dan Kepala Desa Se-Kabupaten Mamuju, Para Pimpinan Bank serta masyarakat Mamuju. (*)

  • Bagikan