Dishub Sulbar Siapkan Pelayanan Antisipasi Lonjakan Penumpang Angkutan Lebaran

  • Bagikan
Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Sulbar Maddareski Salatin

MAMUJU, RADAR SULBAR — Dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang Jelang hari raya Idul Fitri 1445 H, Dinas Perhubungan Provinsi Sulbar menggelar Rapat Koordinasi Pemantauan Pelayanan Angkutan Lebaran Tahun 2024, Senin 01 April 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulawesi Barat , Maddareski Salatin mengatakan, dalam rakor telah memantau teknis pelayanan di enam kabupaten serta langkah-langkah strategis dalam pelayanan angkutan lebaran tahun 2024.

Dia berharap masing-masing kabupaten menyusun jadwal serta menyiapkan armada untuk mengantisipasi jika ada lonjakan penumpang.

“Misalnya penerbangan Mamuju-Makassar yang biasanya dua hari sekali, maka mulai awal April ini dijadwalkan setiap hari untuk melayani penumpang. begitu juga pelayaran penyeberangan ferry Mamuju-Balikpapan yang biasanya dua kali seminggu akan ditambah tripnya menjadi tiga kali seminggu di awal april ini jelas Maddareski. Untuk semua Unit Pengelola Pelabuhan/UPP dari tanggal 26 Maret sampai dengan 26 April 2024 nantinya telah menyiapkan Posko Pelayanan Angkutan Lebaran pada kantor masing-masing untuk memberi pelayanan kepada masyarakat,” kata Maddareski.

Dia juga memastikan dari hasil koordinasi dengan Damri dan pihak PO, telah menyiapkan Bus Cadangan untuk angkutan antar provinsi.

“Sebagai Informasi juga, BPTD Kelas III Sulawesi Barat, melaui UPPKB/Jembatan Timbang menyediakan Posko Rest Area di Jembatan Timbang Beru-Beru Kabupaten Mamuju dan Jembatan Timbang Paku Kabupaten Polewali Mandar. Rest Area ini diperuntukkan kepada pemudik yang butuh tempat istirahat dapat singgah di dua pos Rest Area ini,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan Rum Check oleh BPTD Kelas III Sulawesi Barat bersama seluruh pihak terkait untuk memastikan kelayakan operasional terhadap armada yang digunakan dalam pelayanan angkutan lebaran ini.

Tak lupa Maddareski mengingatkan kepada seluruh masyarakat memperhatikan keselamatan selama berkendara, memiliki istirahat yang cukup sebelum bepergian, mematuhi aturan yang ada dan memastikan kelayakan kendaraan yang digunakan agar perjalanannya dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman. (jaf)

  • Bagikan