Penanganan 4+1 Turunkan 4,7 Persen Stunting, Sulbar Terbaik Ketiga Nasional

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Lima fokus dalam gerakan 4+1 Sulbar salah satunya penanganan stunting. Gerakan yang digagas PJ Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh ini mampu menekan angka prevalensi stunting hingga 4,7 persen.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Pemprov Sulbar Mustari Mula menyebut, Sulbar termasuk dari 19 provinsi di Indonesia menjadi penyumbang penurunan prevalensi Stunting.

Tercatat dalam Survei Kesehatan Indonesia 2023 oleh Kementerian Kesehatan, angka prevalensi stunting di Sulbar pada 2022 diangka 35,0 persen, menjadi 30,03 persen pada 2023.

Menurutnya ini menjadi tolak ukur atas program-program penanganan stunting yang dijalankan beberapa bulan terakhir. Termasuk penanganan 4+1 Sulbar.

Hal ini, Kata Juru Bicara Pemprov Sulbar ini, program penanganan 4+1 Sulbar menjadi harapan dan dorongan agar satgas stunting yang telah dibentuk sejak Juni 2023 dapat bergerak lebih masif menyasar setiap kecamatan dan melakukan intervensi keluarga terdampak stunting.

“Sebaran prevalensi stunting ini menjadi tolak ukur atas apa yang sudah kita kerjakan, sehingga sebagaimana harapan pak PJ Gubernur Sulbar, Prof Zudan satgas harus tetap bergerak,” ucap Mustari.

Lanjut Mustari yang juga Kepala Diskominfo Sulbar megatakan, persoalan stunting tidak dapat dikerjakan oleh pemerintah saja melainkan perlu melibatkan seluruh pihak, termasuk keterlibatan masyarakat. Olehnya sejak 2024 Pemprov Sulbar kembali mendorong gerakan ayo ke posyandu.

“Gerakan Ayo ke Posyandu ini menjadi prioritas PJ Gubernur Sulbar, Prof Zudan dengan harapan masyarakat lebih aktif melakukan pemeriksaan kesehatan dan memudahkan dalam melakukan intervensi stunting,” ucap Mustari

Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh berharap kepala OPD khususnya satgas untuk melakukan evaluasi atas angka prevalensi yang diperoleh pada tahun 2023. Dia berharap kordinasi antar OPD, baik provinsi dan kabupaten agar lebih intensif membicarakan hal yang perlu dikerjakan agar Sulbar dapat terbebas dari stunting

“Semoga 2024 bisa lebih turun lagi,” tutup Sestama BNPP ini.(jaf)

  • Bagikan