Ketua DPRD Sulbar Aktif Lakukan Sosialisasi UU Desa

  • Bagikan
Ketua DPRD Sulbar Suraidah Suhardi memberikan sambutan pada sosialisasi UU Desa di Grand Maleo Hotel Mamuju, Senin 6 Mei 2024 --dprd sulbar--

MAMUJU, RADAR SULBAR –Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Barat St. Suraidah Suhardi, menghadiri acara pembukaan sosialisasi dan public hearing mengenai Undang-Undang No. 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, di Aula Ballroom Hotel D’Maleo, Mamuju, Senin, 6 Mei 2024

Suraidah menjelaskan, sosialisasi bertujuan menginformasikan dan mendiskusikan secara langsung perubahan terbaru dalam UU yang mengatur tentang pengelolaan dan kewenangan desa penting untuk diketahui oleh para pemangku kepentingan di tingkat desa hingga provinsi.

Dia juga menekankan pentingnya pemahaman mendalam mengenai UU Desa yang baru agar dapat diimplementasikan dengan efektif.

“Perubahan dalam UU No. 6 Tahun 2014 ini bertujuan untuk memperkuat struktur pemerintahan desa dan memaksimalkan pemberdayaan masyarakat desa. Oleh karena itu, partisipasi aktif dari semua pihak sangat kami harapkan,” ujar Suraidah.

Selain untuk sosialisasi, Forum ini juga sebagai tempat menampung aspirasi dari seluruh Kepala Desa dan perangkat desa sebagai masukan untuk penyusunan Peraturan Pemerintah.

Ketua Umum Desa Bersatu, Muhammad Asri Anas mengatakan kegiatan Sosialisasi dan Public Hearing Undang undang nomor 3 tahun 2024 terkait Revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa sebagai dasar penyusunan Peraturan Pemerintah (PP).

“Juni nanti mulai dilakukan pembahasan PP, jadi aspirasi dari para kepala desa yang akan diimplementasikan. Seperti contoh adalah kepala desa yang akan habis masa tugasnya di Februari sehingga akan diperpanjang otomatis sehingga membutuhkan PP,” katanya. (*)

  • Bagikan