Prof. Zudan Kukuhkan Tomakaka Adaq Tuho Ulumanda

  • Bagikan

MAJENE, RADAR SULBAR — Pj Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh melakukan pengukuhan TomakakaAdaq Tuho Ulumanda, Muhammad Idris DP dan Lilis Suriani.

Turut hadir Maradika Mamuju Andi Bau Akram Dai, dan sejumlah tokoh adat, serta pejabat Pemprov Sulbar dan Pemkab Majene, disaksikan seluruh masyarakat kecamatan Ulumanda, Sabtu 2 Maret 2024

Acara pengukuhan ditandai dengan pemasangan pin emas dan Salempang Kebesaran, serta penyerahan pataka dan penyerahan cindera mata oleh Pj. Gubernur kepada Tomakaka yang dikukuhkan.

Zudan menjelaskan, adat ibarat sebuah pengikat yang memperkuat dan mempererat sebuah bangunan, sehingga dengan adat yang kuat maka masyarakatnya pun tumbuh kuat, rukun dan damai.

“Kenapa bangunan ini bisa berdiri (panggung dan lainnya) karena didalamnya ada pengikat. Pengikat yang namanya adat, yang namanya aturan,” ucap Zudan.

“Adat itu pengikat, adat itu pemersatu agar kita sebagai bangunan tetap kuat, tidak mudah roboh. Maka masyarakat semuanya, termasuk anak muda, teruslah perkuat adat kita agar kita semua bisa maju. Pertahankan kekayaan kita, kerukunan kita semua,” sambung Zudan. (jaf)

  • Bagikan