Antisipasi Banjir-Longsor di Musim Penghujan, PUPR Sulbar Gelar Rakor Mitigasi Bencana

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Memasuki musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang turut melakukan mitigasi kebencanaan, khususnya pada wilayah titik rawan banjir dan longsor di beberapa titik di wilayah Sulbar.

Rapat koordinasi melibatkan BP2JN Sulbar, BWS III Sulawesi, dan Dinas PUPR Kabupaten, dan BPBD Provinsi dan Kabupaten, membahas titik rawan bencana longsor dan banjir dan kesiapan SDM dalam melakukan mitigasi.

“Hari ini kita melakukan rapat kordinasi dengan bekerjasama dari berbagai pihak melakukan mitigasi, ini sebagai upaya kita mengantisipasi bencana memasuki musim hujan,” ucap Rachmad pada Rapat Kordinasi Mitigasi Kebencabaan Dinas PUPR Sulbar, Kamis 7 Desember 2023.

Lanjut Rachmad menjelaskan, setiap kejadian bencana di enam kabupaten adalah tanggungjawab bersama, sehingga pentingnya melakukan koordinasi.
“Ketika menyangkut aspek jalan (longsor) kita harus sama-sama bergerak cepat, begitupun menyangkut sungai atau banjir. Soal bencana ini adalah tanggungjawab bersama,” kata Rachmad.

Dia menekankan hal yang menjadi kesiapan adalah memetakan kesiapan alat berat di enam kabupaten, termasuk dukungan dari BPJN dan BWS. Selain itu melakukan kordinasi enam kabupaten dan dinas terkait mengenai kesiapan logistik.

Untuk itu, melalui rapat koordinasi tersebut nantinya akan ditindaklanjuti dengan menghadirkan beberapa dinas terkait, baik provinsi dan kabupaten. Menurutnya mitigasi ini dilakukan juga sebagai upaya memberikan kepastian keamanan bagi masyarakat, termasuk kelancaran distribusi barang melalui akses jalan nasional. (jaf)

  • Bagikan