Pesta Panen di Marurinding, Merawat Silaturahmi Lewat Tradisi Pesta Panen

  • Bagikan

Penulis: Amran Jafar (Ketua Kelompok Tani Tonimana)

PESTA panen adalah sebuah perayaan dan bentuk kesyukuran atas hasil panen. Tradisi inilah yang terus dijaga petani yang terhimpun dalam Kelompok Tani Tonimana, sekaligus menjadikan pesta panen sebagai momen mempererat silaturahmi. 

Sabtu pagi disekitar area pesawahan Lingkungan Marurinding, Kelurahan Kasambang, Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju. Jerami hasil panen menyambut langkah para petani padi sawah berdatangan membawa berbagai hidangan tradisional.

Tak sekadar berkumpul dan menikmati hidangan, acara pesta panen juga menjadi ruang diskusi membahas terkait pembenahan dan pengembangan area persawahan di Marurinding. Karena itu juga, pemerintah setempat PPL pertanian kecamatan Tapalang juga diundang pada acara tersebut. 

Melalui acara ini juga, sebuah kehormatan penulis (Amran) mendapat  kepercayaan dari petani menjadi Ketua Kelompok Tani Tonimana, tentunya kepercayaan itu menjadi amanah dan tanggung jawab yang akan dijalankan ke depan dengan misi mensejahterakan petani padi sawah di Marurinding.

Melalui lingkaran diskusi di acara pesta panen, berbagai masukan dari petani menjadi prioritas kedepan, selain persoalan irigasi, bantuan pupuk, antisipasi kekeringan dan lainnya, juga menyangkut pengelolaan organisasi Kelompok Tani Tonimana yang harus ditata lebih baik lagi. (*)

  • Bagikan