DTPHP Gelar Bimtek Perluas Areal Penangkaran Benih Tanaman Pangan di Polman

  • Bagikan
UPTD BPSBTPH DTPHP Gelar Bimtek di Aula Hotel Pacific, Kecamatan Wonomulyo, Kab. Polewali Mandar, Kamis 16 November 2023. --pemprov sulbar--

POLMAN, RADAR SULBAR –Sebanyak 25 Peserta penangkar benih dan petugas penyuluhan pertanian se Kabupaten Polewali Mandar mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Sertifikasi Benih dan Pemberdayaan Penangkar Tahun Anggaran 2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSBTPH) Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Sulbar, berlangsung di Aula Hotel Pacific, Kecamatan Wonomulyo, Kab. Polewali Mandar, Kamis 16 November 2023.

Kepala DTPHP Sulbar Muhtar mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi penangkar benih dalam melaksanakan proses sertifikasi benih tanaman pangan untuk menghasilkan benih yang bermutu sesuai dengan standart mutu di tingkat lapangan. Serta memperluas areal penangkaran benih tanaman pangan guna mensuplai kebutuhan benih terutama di Kabupaten Polewali Mandar.

“Melalui kegiatan ini juga sekaligus menemukan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh penangkar benih,” kata Muhtar.

Dia berharap petani penangkar menjadi para penangkar benih yang kompeten dan berwawasan tentang perbenihan dan hasil dari produksi benihnya dapat mencukupi kebutuhan benih untuk wilayah Sulbar, khususnya Kabupaten Polewali Mandar.

Bimtek tersebut juga dihadiri Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kab. Polewali Mandar, Koordinator Penyuluh Provinsi Sulbar, dan Petugas Pengawas Benih Tanaman Se Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene.

Kegiatan serupa telah dilaksanakan di Kabupaten Pasangkayu dan direncanakan juga digelar di Kabupaten Mamasa untuk memenuhi kebutuhan benih di Sulbar. (jaf)

  • Bagikan