Pandarana Balanipa Juara Sandeq Race 2023

  • Bagikan
BERLOMBA. 33 perahu Sandeq saat mengikuti lomba segitiga di Pantai Bahari Polewali, Senin 2 Oktober 2023. --arif/radar sulbar--

POLEWALI, RADAR SULBAR — Perahu Sandeq Pandarana Balanipa akhirnya menjadi juara umum Sandeq Race 2023. Setelah dalam tujuh etape lomba dan satu etape parade dengan jarak tempuh 423,6 kilometer mulai star dari Pasangkayu hingga finis di pantai Bahari Polewali. Sandeq Pandarana Balanipa meriah juara umum setelah mengumpulkan poin terkecil yakni 36. Kemudian posisi kedua diraih Sandeq Tunas Mekar dengan poin 55, juara tiga Cahaya Mandar 57 poin, posisi ke empat diraih Sandeq Berlian 99 dengan 58 poin dan posisi kelima Cahaya Sulbar dengan 68 poin.

Sandeq Race 2023 kali ini diikuti 36 perahu, penyelenggaranya adalah Pemkab Polman melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga pada layar Sandeq kebanyakan logo Pemkab Polman tak satupun layar berlogo Pemprov Sulbar ataupun pemerintah daerah lainnya.

Ketua Panitia Sandeq Race 2023 Marendeng menjelaskan, pelaksanaan Sandeq Race star dari etape I Pasangkayu hingga finis etape VIII di Pantai Bahari Polewali berjalan dengan lancar. Selain itu menutup pelaksanaan Sandeq Race diadakan lomba segitiga di Pantai Bahari Polewali, Senin 2 Oktober.

“Pelaksanaan lomba segitiga yang menutup Sandeq Race hanya diikuti 33 perahu. Tiga perahu Sandeq tidak dapat ikut lomba karena mengalami kerusakan. Lomba segitiga ini hanya dilaksanakan di etape Polman. Untuk etape lainnya hanya maraton saja,” jelas Marendeng yang juga menjabat Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disdikbud Polman ini.

Terkait tidak adanya partisipasi Pemprov dan daerah lainnya, Marendeng mengatakan, Sandeq Race 2023 ini pelaksananya Pemkab Polman kemudian dirangkaian dengan Hari Jadi Sulbar ke-19.

Sementara terkait total anggaran yang digunakan dalam pelaksanaan sandeq race 2023 ini, Marendeng selaku ketua panitia mengaku tidak mengetahui besaran anggaran yang digunakan dalam APBD Polman. Hanya saja panitia juga mendapatkan dana sponsor tunggal dari Bank Sulselbar sebesar Rp 500 juta tetapi yang bersih diterima hanya Rp 490 juta.

Kemudian untuk bantuan akomodasi bagi satu perahu Sandeq yang berlomba, panitia memberikan dana total Rp. 28.940.000. Setiap perahu Sandeq diisi oleh delapan awak kapal. Selain akomodasi, bagi juara lomba maraton Sandeq Race juara pertama mendapatkan hadiah sebesar Rp 15 Juta tetapi dipotong pajak sehingga hadiah bersih yang didapatkan Sandeq Pandarana Balanipa hanya Rp 14.250.000. Sementara juara kedua Tunas Mekar mendapatkan hadiah Rp. 14,5 juta potong pajak sehingga hanya Rp 13.775.000. Begitupun dengan juara ketiga Cahaya Mandar hadiahnya Rp 14 juta tetapi kena PPh 21 sehingga totalnya hanya Rp 13.300.000. Panitia hanya memberikan hadiah kepada perahu hingga juara 28 dengan total hadiah keseluruhan Rp 273.125.000.

Hadiah Sandeq Race kena Pajak

Saat penerimaan hadiah uang pembinaan bagi Sandeq yang juara ternyata dikenakan pajak penghasila (PPh) 21. Hal ini membuat beberapa awak Sandeq kecewa kepada panitia karena total hadiah yang diharapkan diterima kena pajak.

Kekecewaan ini dilontarkan di media sosial dan tak disampaikan sebelumnya oleh panitia. Salah satu awak pasandeq menulis unggahan mengeluhkan hadiahnya kena pajak. Keluhan dalam bahasa daerah Mandar tersebut jika diartikan dalam bahasa Indonesia yakni bekerja bak kerbau, bekerja bertaruh nyawa bak kuda pengangkut, tapi hasil yang didapat tidak sesuai dengan beban yang dikerjakan.

Terpisah, Ketua Panitia Sandeq Race 2023 Marendeng menjelaskan, setiap penggunaan APBD dikenakan pajak yang akan disetorkan ke Kantor Pajak. Ia menjelaskan tahun ini menggunakan dana APBD sehingga kena pajak sementara tahun 2022 lalu tak ada pajak karena dana yang digunakan dana sponsor.

“Sebagai panitia kami sangat menginginkan hadiahnya besar. Tetapi apa daya kami anggaran hanya segitu yang diberikan,” jelas Marendeng.

Ia pun mengaku tidak mengambil pusing keluhan passandeq di media sosial. Namun Ia memastikan potongan pajak tersebut sesuai dengan aturan perpajakan. (arf/mkb/jaf)

  • Bagikan