6 Jenis Parutan Menurut Kebutuhan dan Fungsinya, Wajib Ada di Dapur!

  • Bagikan

BAGI yang gemar berkreasi dengan masakan, pasti sudah familiar dengan berbagai jenis parutan. Ya, alat masak ini mempunyai banyak jenis berdasarkan fungsinya. Jika Anda senang memasak dengan berbagai tema, seperti masakan tradisional, lokal maupun menu internasional, sangat penting untuk memiliki berbagai macam parutan.

Saat ini memang sudah ada parutan dengan mesin yang lebih praktis, terutama untuk memarut kelapa sekaligus memeras dan memisahkan ampas dengan santan. Namun ternyata masih banyak orang yang lebih senang menggunakan parutan konvensional. Parutan konvensional pun mempunyai fungsi tergantung desainnya.

6 Jenis Parutan Menurut Kebutuhan dan Fungsinya

Jika Anda datang ke toko perlengkapan masak, akan menemukan cukup banyak jenis parutan, baik dari bentuk, model maupun fungsinya. Pada saat akan membeli sebaiknya memastikan terlebih dulu membutuhkan alat tersebut untuk memarut bahan apa atau ingin membentuk hasil parutan seperti apa.

Parutan tidak hanya digunakan untuk memarut kelapa, namun masih banyak bahan yang bisa diparut dengan menggunakan model atau jenis alat yang berbeda. Berikut ini jenis parutan yang sebaiknya Anda miliki di rumah:

  1. Parutan kelapa

Kelapa merupakan bahan yang paling biasa diparut, karena itu hampir semua orang tahu bagaimana cara memarut dan hasilnya. Parutan ini akan membentuk kelapa menjadi bentuk yang sangat kecil-kecil, bisa memanjang atau lebih lembut lagi tergantung cara memposisikan kelapa tersebut. Parutan ini dibutuhkan ketika ingin membuat santan atau menjadikan kelapa sebagai taburan aneka cemilan.

  1. Parutan keju

Suka makan roti dengan taburan keju? Anda bisa memarut keju batangan dengan parutan khusus. Hasil parutan berupa keju yang berbentuk memanjang. Selain untuk taburan roti, parutan keju digunakan pada saat membuat salad dan menambahkan keju sebagai topping.

  1. Parutan sayur

Tidak sedikit sayuran yang tidak dipotong sebelum dimasak, melainkan diparut. Diantaranya adalah labu. Dengan memarut labu menggunakan parutan sayur akan menghasilkan bentuk yang memanjang. Jika akan memasak sayuran dan ingin membentuknya memanjang, tidak perlu memotong dengan pisau, Anda bisa menggunakan parutan khusus.

  1. Parutan pala

Selain untuk bumbu, pala sering digunakan untuk taburan minuman tradisional. Untuk membuat taburan tersebut, Anda tidak perlu menumbuk pala tersebut, tetapi cukup memarutnya dengan menggunakan parutan pala atau parutan rempah. Hasilnya berupa pala bertekstur yang lembut.

  1. Parutan coklat

Bagi yang senang membuat kue, tentu pernah menggunakan coklat beku sebagai bahan. Sebelum melelehkannya, biasanya Anda perlu memotongnya menjadi lebih kecil-kecil. Cara ini cukup memakan waktu. Agar lebih cepat, Anda bisa menggunakan parutan coklat. Setelah bentuk coklat menjadi lebih kecil dan mudah untuk dilelehkan.

  1. Parutan telur

Berikutnya parutan telur. Tidak sedikit orang yang kerepotan saat membentuk telur sebagai bahan tambahan untuk salad atau masakan lain. Agar bisa menghasilkan bentuk yang lebih menarik, Anda bisa memarutnya dengan parutan khusus telur.

Anda bisa membeli bermacam jenis parutan di Blibli yang menyediakan semua keperluan rumah tangga dengan lengkap. Di Blibli tersedia stainless steel grater atau parutan berbahan stainless maupun bahan lainnya dengan harga sesuai kualitas. Kini aktivitas memasak menjadi lebih mudah karena bisa menggunakan berbagai jenis parutan untuk memotong bahan yang digunakan.

Banyaknya jenis parutan seringkali membuat calon pembeli bingung untuk memilih. Agar tidak salah pilih, sebaiknya memastikan terlebih dulu Anda perlu parutan untuk memarut bahan apa.

  • Bagikan