Publish or Perish!, Begini Kiat Prof. Zudan Agar Mahasiswa Cepat Raih Gelar Doktor

  • Bagikan

MAKASSAR, RADAR SULBAR — Prof. Zudan hanya butuh 35 tahun menyandang gelar profesor. PJ Gubernur Sulbar ini rupanya punya kiat tersendiri dan ini layak dicontoh, khususnya bagi mahasiswa yang ingin cepat menyelesaikan skripsi, tesis, hingga disertasi. 

Dihadapan para mahasiswa S2 dan S3, Prof Zudan memberikan motivasi dan inspirasi melalui Kuliah Umum di Universitas Negeri Makassar, Senin 18 September 2023.

Sestama BNPP ini mengatakan, generasi sekarang telah didukung teknologi yang berkembang pesat, sehingga lebih muda dalam menyelesaikan urusan tulisan seperti tesis dan disertasi. 

“Teknologi sudah berkembang, maka pertanyaan pertama- kapan anda mau lulus. Jangan tahu masuk ndak tahu keluarnya, ini sering banyak terjadi apalagi kalau sudah memulai menulis (tesis-disertasi, red),” ucap Sestama BNPP ini. 

Kuncinya  adalah manajemen pendidikan yaitu merencanakan sejak awal masuk kuliah. Maksudnya, ketika ingin melanjutkan jenjang akademik, magister (S2) misalnya, maka mahasiswa sudah harus memikirkan karya tulis ilmiah. Dari rencana awal itulah menjadi arah dalam setiap tugas makalah dalam proses perkuliahan. 

“Semua makalah menuju pada tesis itu sehingga punya gagasan awal dalam mengurus disertasi/tesis nantinya,” kata Zudan. 

Lalu, saat menyusun penelitian karya ilmiah, masih Zudan, selama proses kuliah penting membiasakan diri dalam mempublikasikan tulisan, baik lewat jurnal, koran, dan media lainnya. 

“Publish or perish: Mempublikasikan pemikiran atau hilang pemikirannya. Makanya penting melatih menulis di koran menulis jurnal, ini melatih gagasan,” kata Zudan

“Dulu saya lakukan itu semua. Ketika saya mengurus guru besar 2004,” tambahnya. (*)

  • Bagikan