Butuh 10 Unit Bus Sekolah, Pemkab Polman Harapkan Bantuan Kemenhub

  • Bagikan

POLEWALI RADAR SULBAR — Akses pendidikan menjadi kendala di kabupaten Polman. Bus yang ada saat ini sudah tidak layak pakai.

Karenanya Dinas Perhubungan Kabupaten Polewali Mandar mengusulkan bantuan pengadaan 10 unit bus sekolah ke Kementerian Perhubungan.

Kepala Bidang Pengembangan Perhubungan Dishub Polman, Abbas Amin menjelaskan, bus sekolah itu akan melayani sejumlah rute di sejumlah kecamatan di Polman. Khususnya daerah yang jarang angkutan umum.

Menurutnya, pengoperasian bus sekolah juga menjadi upaya mengurangi kecelakaan lalulintas bagi pelajar.

Surat usulan bantuan bus sekolah ke Kementerian Perhubungan telah ditandatangani Bupati Polman untuk segera dikirim ke Direktur Jenderal Perhubungan Darat yang ditemuskan ke BPTD Kelas III Sulbar di Mamuju. Kami berharap usulan ini dapat diakomudir sehingga armada bus sekolah di Polman bertambah,” terang Abbas Amin, Selasa 5 September 2023.

Ia juga menjelaskan kondisi empat bus sekolah yang dimiliki Pemkab Polman umurnya sudah tua dan tak layak lagi beroperasi. Sehingga pihaknya mengusulkan penggantian dan penambahan ke Kementerian Perhubungan.

Ada pun sepuluh trayek yang diusulkan pengadaan bus sekolah yakni zona Polewali-Binuang, Polewali-Anreapi, Polewali-Wonomulyo. Kemudian rute Wonomulyo-Campalagian, Wonomulyo-Tapango, Wonomulyo-Matakali, Tinambung-Limboro. Selanjutnya rute Limboro-Alu, Campalagian-Pambusuang dan Pambusuang-Tinambung.

“Kami berharap permohonan bantuan bus sekolah ini dapat diakomodir pemerintah pusat (Kemenhub). Sehingga pelayanan angkutan pelajar di Polman dapat dilakukan sebagai upaya pengembangan akses transportasi darat kepada masyarakat,” tandasnya. (mkb/jaf)

  • Bagikan