ASN Sulbar Harus Berpikir Sistem, Sekprov Sarankan Baca THE FIFTH DISCIPLINE

  • Bagikan

MAMUJU, RADARSULBAR.CO.ID –Buku The Fifth Discipline atau Disiplin Kelima: Seni dan Praktik Organisasi Pembelajaran menjadi bahan materi Sekprov Sulbar Muhammad Idris pada Webinar ASN Pemprov Sulbar Seri ke 10, Kamis 10 Agustus 2023.

Disitu Idris menjelaskan buku tersebut lebih jauh menjelaskan pentingnya organisasi pembelajaran. Seperti Webinar yang dilaksanakan secara rutin oleh Pemprov merupakan salah satu bentuk upaya menjadi provinsi yang cerdas.

“Organisasi yang kecenderungan produktifnya tinggi itu adalah organisasi yang nonstop belajar. Makanya webinar seperti ini yah luar biasa,” ujar Idris.

Dijelaskan, buku tersebut sekaligus mengajak ASN agar berpikir sistem (System Thinking) sebagai kunci terbangunnya kolaborasi antar organisasi.

“Misalnya dalam pembahasan Dana BOS Jangan hanya tanggung jawab dinas pendidikan. Libatkan kawan-kawan yang punya pengetahuan di bidang itu juga, seperti keuangan dan kesehatan,” ucap Idris.

Lebih lanjut Idris menyebut empat syarat terbangunnya system thinking, pertama kemampuan memastikan kebutuhan perencanaannya, atau paripurna plan, syarat pertama ini disebut Shared Vision.

Kedua, Personal Mastery, yakni dibutuhkan rang orang yang selalu ingin belajar dalam sebuah organisasi. Ketiga, Mental Models, yakni cara berpikir yang selalu harus memberi siapapun setiap hari dari kebutuhan organisasinya, dan terakhir Team Learning, membiasakan dalam organisasi bekerja secara tim dan belajar secara tim.

Olehnya, Sekprov memberi kesimpulan, dalam mengelola dana BOS harus betul-betul diarahkan pada pemeliharaan sekolah dan perbaikan ringan di sekolah.

“Jangan dibawa ke dana-dana operasional yang akhirnya bukan non personalia. Banyak di sekolah banyak salah kerja karena keluar dari pakem utamanya,” tutup Idris. (jaf)

  • Bagikan