Eksistensi Pokjar UT Daerah Majene

  • Bagikan

BEBERAPAS inovasi pemanfaatan teknologi dalam PJJ pada jenjang pendidikan tinggi di tanah air dilakukan dengan melibatkan pemanfaatan jaringan. Untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran online di UT Daerah Majene, maka perlu bekerja sama dengan pengurus pokjar Untuk memfasilitasi mahasiswanya yang tersebar di seluruh pelosok negeri, UT banyak mendirikan perwakilan di berbagai daerah seperti Pokjar.

Oleh: Dr. St. Maria Ulfah, S. Pd, M. Pd

Pokjar UT Daerah dibentuk oleh UT Daerah untuk membantu memberikan layanan kepada sekelompok mahasiswa dan dikoordinasikan oleh satu orang Pengurus Pokjar. Pengurus Pokjar UT Daerah adalah perorangan yang berperan membantu kegiatan kelompok belajar mahasiswa berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan UT. Pengurus Pokjar diangkat dan ditetapkan oleh Kepala UPBJJ-UT berbasiskan kontrak.

Ada beberapa hal yang dapat dilkakukan oleh pengurus kelompok belajar dalam mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh, yaitu: membantu UT Daerah dalam pemberian layanan bantuan belajar mahasiswa dalam bentuk pendistribusian bahan ajar untuk layanan SIPAS, pemberian masukan untuk tempat pelaksanaan TTM/praktik/praktikum sesuai dengan standar Simintas UT dan pengkoordinasian penyelesaian kasus/masalah studi mahasiswa sesuai ketentuan akademik yang berlaku.

Beragam permasalahan, baik administratif maupun akademik masih dialami mahasiswa karena kekurangmandirian mereka dalam mendapatkan informasi. Untuk membantu memberikan layanan kepada mahasiswa, keberadaan Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) masih diperlukan. Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) akan memberikan informasi tentang registrasi, tutorial, ujian, kelulusan, dan wisuda.

Layanan administrasi akademik seperti registrasi, pembayaran uang kuliah, pencetakan kartu peserta ujian, serta ujian akhir semester (UAS) disediakan secara online. Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) dapat membantu memberikan layanan administrasi dan informasi tentang UT kepada mahasiswa yang memerlukan layanan secara berkelompok.

Selain itu, pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) dapat membantu calon mahasiswa dalam melakukan proses registrasi, memastikan kelengkapan dokumen untuk administrasi registrasi, membantu memfasilitasi registrasi online dan dalam kondisi tertentu menyampaikan berkas registrasi calon mahasiswa/mahasiswa ke UT Daerah serta menerima dan memeriksa Lembar Data Pribadi (DP) calon mahasiswa dan Lembar Informasi Pembayaran (LIP) calon/mahasiswa dan membantu mahasiswa melakukan perubahan DP.

Bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa on going Universitas Terbuka yang tersebar di 6 Kabupaten Provinsi Sulawesi Barat, jika membutuhkan informasi mengenai UT, namun jauh dari kantor UT Daerah Majene dapat menghubungi pokjar domisili mahasiswa berada. Betapa banyak keunggulan melanjutkan kuliah di Universitas Terbuka Daerah Majene, karena lebih terarah dan fleksibel. (*)

  • Bagikan