Bacaleg Diwarnai Menteri, Artis, hingga Ustad, Parpol Naikkan Target Kursi DPR

  • Bagikan
SANTAI DULU: Petugas KPU berswafoto saat menunggu berkas pengajuan bacaleg Pemilu 2024 di kantor KPU, Jakarta, kemarin (14/5). --dok. jawa pos--

JAKARTA, RADARSULBAr.CO.ID – Masa pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) berakhir kemarin. Di Jakarta, hari terakhir dimanfaatkan sejumlah parpol untuk beramai-ramai mendaftarkan kandidat masing-masing.

Muncul juga desakan agar para menteri yang mendaftar sebagai caleg tidak memanfaatkan jabatan untuk pemenangan pemilihan umum legislatif (pileg).

Pada hari terakhir pendaftaran bacaleg kemarin, ada tujuh partai yang mendaftar. Yaitu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Gelora, Partai Perindo, Partai Buruh, dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) datang bersama jajaran DPP Partai Demokrat. AHY mengatakan, pihaknya telah mendaftarkan 580 bacaleg DPR. ”Kami ingin perolehan kursi naik signifikan,” terangnya saat konferensi pers seusai pendaftaran di KPU.

Saat ini Demokrat memiliki 54 kursi di DPR atau hanya 9,7 persen. Kini Demokrat menargetkan perolehan suara 14 persen. AHY mengatakan, partainya ingin meraih kursi dari semua daerah pemilihan (dapil) yang berjumlah 85.

Putra sulung Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu meminta jajarannya mulai turun langsung ke masyarakat dan melakukan sosialisasi secara masif. Para calon harus aktif menyapa masyarakat sehingga semakin dekat dengan rakyat.

Menurut AHY, yang didaftarkan pihaknya barulah calon sementara. Dia berharap proses selanjutnya berjalan lancar.

”Ini menjadi langkah awal kami. Semoga kami bisa memenuhi segala persyaratan sehingga prosesnya berjalan lancar,” ungkapnya.

Terkait siapa saja yang menjadi bacaleg Partai Demokrat, AHY menyatakan bahwa sejumlah pengurus DPP yang mendampingi dirinya akan maju sebagai caleg pada Pileg 2024. Di antara yang hadir ada Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, dan Herman Khaeron.

AHY juga menyoroti sejumlah menteri dan kepala lembaga yang maju sebagai bacaleg. AHY mengatakan, mereka mempunyai hak untuk memilih dan dipilih. ”Itu hak mereka, tapi harus tahu bahwa ada amanah yang harus dijalankan juga,” jelasnya.

AHY menegaskan, tugas negara tidak boleh diabaikan. Jadi, para menteri dan pejabat yang nyaleg harus bersikap bijak dan menjalankan amanahnya dengan baik. Perlu diingat, kata AHY, ketika maju, mereka belum melepas jabatan sebagai pejabat negara. Jadi, mereka tetap harus fokus bekerja. Kecuali, kata dia, mereka mengundurkan diri dari jabatan menteri. ”Itu gentleman, bagus,” ungkapnya.

AHY meminta mereka menjunjung tinggi netralitas dan independensi. Mereka tidak boleh memanfaatkan jabatan untuk pemenangan pemilu. ”Jangan sampai ada aset negara atau instrumen negara yang digunakan tanpa sadar atau dengan sadar untuk kepentingan politik praktis,” tegasnya.

Partai Perindo juga mendaftarkan bacaleg kemarin. Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo hadir langsung. Dia mengatakan, pihaknya akan bekerja all-out untuk meraih suara pada Pileg 2024. Bahkan, Hary Tanoe sendiri turun langsung menjadi caleg di dapil Banten. ”Saya juga nyaleg untuk menambah suara,” terang dia seusai pendaftaran. Dia juga mengajak keluarga untuk nyaleg, yaitu istrinya, Liliana Tanoesoedibjo, dan putrinya, Angela Tanoesoedibjo.

Beberapa tokoh terkenal juga akan menjadi caleg Partai Perindo. Di antaranya, Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi, mantan gubernur NTB yang sekarang menjabat ketua harian Partai Perindo. Ada pula dai kondang Ustad Yusuf Mansur yang maju dari dapil DKI Jakarta.

Hary Tanoe mengatakan, pihaknya menargetkan bisa lolos ke Senayan dan bisa meraih suara 10 persen. Partainya dan para caleg akan bekerja keras untuk memenuhi target tersebut.

Namun, kata politikus yang juga pengusaha itu, pihaknya masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait uji materi soal sistem pemilu. ”Ini juga salah satu kendala yang menjadikan banyak yang ragu-ragu ketika mau nyaleg,” bebernya. Dia berharap MK tetap memutuskan sistem proporsional terbuka seperti yang sudah berjalan selama ini.

Partai Golkar juga mendaftarkan bacaleg pada hari terakhir kemarin. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berhalangan hadir. Dia diwakili Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia, dan jajaran pengurus DPP Partai Golkar.

Ahmad Doli menyatakan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan perolehan suara dan menjadi nomor satu pada pileg mendatang. ”Kami ingin meraih 20 persen kursi DPR,” terang Ahmad Doli dalam konferensi pers.

Ketua Komisi II DPR itu memastikan bahwa para menteri dari Partai Golkar tidak maju sebagai caleg. Saat ini ada tiga kader partai beringin yang duduk di kabinet, yaitu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Doli menegaskan, para menteri dari Golkar akan fokus bekerja dalam membantu Presiden Joko Widodo. Menurut dia, banyak kader lain yang siap menjadi caleg untuk memenangkan Partai Golkar. ”Kami mempunyai banyak kader yang siap terjun dalam pileg,” ujarnya.

Sementara itu, sampai berita ini ditulis sekitar pukul 20.00 tadi malam, KPU belum memberikan pernyataan terkait proses pendaftaran bacaleg. Masih ada Partai Buruh yang sedang mengikuti tahapan pendaftaran. (jpg)

  • Bagikan