40 Bacaleg Nasdem Daftar ke KPU Polman

  • Bagikan
SIAP. Kantor KPU Polaman di Jalan KH Wahid Hasyim Pekkabata siap menerima partai politik melakukan pendaftaran Bacaleg DPRD Polman.

POLEWALI RADARSULBAR.CO.ID — Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Rabu 10 Mei hari ini akan melakukan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke KPU Polman.

Sebanyak 40 orang Baceleg Nasdem yang tersebar pada lima daerah pemilihan (Dapil) akan didaftarkan ke KPU.

Ketua DPD Partai Nasdem Polman, Syarifuddin saat dikonfirmasi via telepon, Selasa 9 Mei membenarkan akan melakukan pendaftaran secara resmi ke KPU Polman, Rabu hari ini.

“Seluruh Bacaleg bersama simpatisan akan meramaikan Kantor KPU Polman untuk pendaftaran Bacaleg pada lima dapil. Mereka akan menggunakan busana adat nusantara, diiringi musik rebana Mandar saat melakukan pendaftaran, Rabu 10 Mei 2023,” ujar Syarifuddin.

Ia mengatakan Partai Nasdem akan melakukan pendaftaran serentak seluruh Indonesia, mulai Dewan Pimpinan Pusat, Dewan Pimpinan Wilayah dan Dewan Pimpinan Daerah. Ini menjadi partai politik pertama di Kabupaten Polewali Mandar melakukan pendaftar Caleg.

Syarifuddin mengatakan saat mendaftar pihaknya akan membawa berkas dokumen persyaratan fisik seluruh Bacaleg pada lima dapil. Ini sesuai kententuan Undang-Undang Pemilu 2024. Termasuk melengkapi foto terbaru dan surat keputusan DPP Nasdem yang ditanda tanganin langsung ketua umum, Surya Paloh dan Sekretaris Jenderal Johnny G Plate.

“Pendaftaran Partai Nasdem besok serentak diseluruh Indonesia, sekaligus sebagai ajang konsultasi partai Partai Nasdem siap menyambut pesta demokrasi. Dengan penuh kembira yang tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan menjadi Partai Nasdem di Polman pertama mendaftar ke KPU,” ujar ketua Fraksi Nasdem DPRD Polman ini.

Ia mengaku 40 berkas Bacaleg yang didaftarkan ke KPU sudah lengkap. Termasuk 40 orang Bacaleg telah diinput datanya ke aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU.

“Untuk data Bacaleg di Silon KPU Pusat, sudah dikirim ke semua ke DPP Partai Nasdem. Nanti operatur Silon DPP yang menginput semua Bacaleg ke aplikasi Silon KPU Pusat, ” ungkapnya.

Terpisah, Ketua KPU Polewali Mandar, Rudianto menyatakan hingga pukul 17.44 WITA, belum menerima surat pemberitahuan jadwal pengajuan Bacaleg Partai Nasdem ke KPU. Namun staf telah mendapatkan pemberitahuan dari LO Partai Nasdem, rencana datang besok, Rabu 10 Mei akan melakukan pendaftaran..

“Tentunya kami siap menerima pedaftaran Bacaleg Nasdem. Ini merupakan partai pertama yang akan mendaftar ke KPU Polman. Kami juga telah memerintahkan staf untuk siap menerima pendaftaran Bacaleg Parpol,” tandasnya. (mkb)

  • Bagikan