Memahami Masa Usia Emas Pada Anak

  • Bagikan

USIA emas anak atau biasa disebut ‘golden age’ merupakan periode penting dalam masa perkembangan anak.

Oleh: Syahrinullah (Dosen FE-UT)

Masa golden age adalah masa emas pada anak-anak di awal kehidupannya yaitu pada usia 0-5 tahun. Fase ini penting untuk diperhatikan orang tua, karena pertumbuhan anak begitu pesat.

Penelitian mengatakan, sekitar 50% kecerdasan orang dewasa mulai terbentuk di usia 4 tahun. Keistimewaan anak pada masa golden age sangat berbeda-beda, untuk menghadapi tentunya sangat menguji kesabaran.

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan disiplin pada anak tanpa menghukumnya secara berlebihan bila sang anak melakukan kesalahan, pemenuhan gizi yang cukup, pertumbuhan fisik dan lain sebagainya.

Usia emas atau the golden age adalah masa keemasan manusia. Usia ini merupakan periode yang amat penting bagi seorang anak. Pendidikan pada rentang usia tersebut sangat menentukan tahap perkembangan anak selanjutnya.

Sebab, pada masa itu otak anak sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan sangat pesat dan otak merupakan kunci utama bagi pembentukan kecerdasan anak. Periode ‘Golden Age’ atau masa keemasan anak adalah masa pada anak usia dini mulai usia 0 s/d 3 tahun, dimana pada masa ini sel-sel otak anak berkembang sangat cepat hingga 80 persen.

Pada usia tersebut, otak mampu menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tidak melihat baik dan buruk. Dalam beberapa defenisi juga hal ini disebut dengan masa 1000 Hari Pertama Kehidupan atau 1000 HPK.

Masa ini adalah fase kehidupan yang dimulai sejak terbentuknya janin pada saat kehamilan (270 hari) sampai dengan anak berusia 2 tahun (730 hari). Pada periode inilah organ vital pada anak (otak, hati, jantung, ginjal, tulang, tangan atau lengan, kaki dan organ tubuh lainnya mulai terbentuk dan terus berkembang).

Masa golden age sangat penting dan perlu diperhatikan, karena otak bertumbuh secara maksimal. Begitu pula pertumbuhan fisik. Selain itu, masa tersebut juga terjadi perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, dan ekspresi emosi sehingga sebagai orang tua yang telah memiliki anak pada usia ini harus memiliki kecakapan untuk menstimulasi anaknya yaitu dengan cara mengembangkan kemampuan motorik kasar, mengembangkan kemampuan motorik halus, mengembangkan kemampuan kognitif, memperhatikan psikis anak, memaksimalkan potensi anak, mengajak anak bermain dan belajar, mendampingi anak dalam berpikir serta mengembangkan kepribadian anak.

Di masa anak usia SD (6-12 tahun) disebut sebagai masa anak-anak (midle childhood). Pada masa inilah disebut sebagai usia matang bagi anak-anak untuk belajar. Hal ini dikarenakan anak-anak menginginkan menguasai kecakapan-kecakapan baru yang diberikan oleh guru di sekolah.

Biasanya para orang tua sering melupakan beberapa poin penting yang harus diberikan kepada anak pada masa emasnya, sehingga pertumbuhannya terganggu. Poin tersebut antara lain perhatikan perkembangan motorik halus, perhatikan perkembangan motorik kasar, perhatikan perkembangan kognitif, mengenali gangguan tumbuh kembang anak, mengenali potensi anak, mendukung potensi anak.

Ada dua faktor utama yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, yakni faktor bawaan dan faktor lingkungan. Faktor bawaan atau keturunan (hereditas) merupakan faktor pertama yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Untuk memanfaatkan sebaik-baiknya fase golden age, orang tua wajib mendukung tumbuh kembang si kecil di masa ini.

Hal-hal yang harus dilakukan orang tua yaitu merangsang motorik si Kecil, mengasah kecerdasan dan kreativitasnya, mengenali potensinya, dan masih banyak lagi. Kualitas hidup buah hati di masa depan sangat dipengaruhi gizi yang diterima selama 1.000 HPK. Inilah yang menjadikan masa 1.000 HPK disebut sebagai periode emas untuk membangun dasar tumbuh kembang buah hati yang solid.

Dengan dipahaminya beberapa pengertian yang intervensi yang harus diberikan para orang tua kepada anak maka dimasa yang akan datang generasi kita dapat terselamatkan dan dapat menjadi generasi yang sehat, cerdas dan pandai disegala bidang. (***)

  • Bagikan