BPJS Kesehatan Hadirkan MCS, Permudah Layanan ke Masyarakat

  • Bagikan
LAYANAN. Petugas MCS BPJS Kesehatan Cabang Polewali memberikan pelayanan kepada masyarakat di Desa Tangnga Tangnga Kecamatan Tinambung, Senin 19 Desember 2022. --IST--

POLEWALI, RADAR SULBAR — BPJS Kesehatan terus melahirkan inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Salah satunya dengan menghadirkan Mobile Customer Service (MCS).

Layanan MCS adalah upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Polewali untuk mendekatkan layanan kepesertaan JKN kepada masyarakat. Seperti pendaftaran, perubahan data dan pemberian informasi. Kali ini layanan MCS hadir di Desa Tangnga Tangnga, Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar, Senin 19 Desember 2022

Pelaksanaan MCS di Desa Tangnga Tangnga untuk kedua kalinya dilaksanakan, dan seperti pelaksanaan pertama kali, antusiasme masyarakat dalam menyambut layanan MCS sangat besar.

“Kami senang dengan adanya layanan MCS dengan langsung mendatangi desa kami, apalagi melihat aksesnya yang cukup sulit untuk keluar dan masuk dari desa. Mengingat desa kami adalah daerah pesisir, masyarakat harus menyeberang pulau dengan menggunakan perahu,” ucap Muksin, Kepala Lingkungan Desa Tangnga Tangnga.

Muksin sangat berharap layanan MCS dapat sering dilaksanakan di desanya. Selain karena layanan administrasi, pemberian informasi seputar JKN dapat didapatkan secara langsung. Seperti hak dan kewajiban sebagai peserta JKN dan keluhan selama mendapatkan layanan kesehatan, sehingga masyarakat mendapatakan informasi yang tepat dari petugas.

Kabid SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Polewali Wisli Aktuarina mengungkapkan aktivitas MCS ini rutin dilaksanakan setiap hari dari desa ke desa. Harapannya seluruh desa dapat dapat di jangkau, terutama yang aksesnya sulit dilalui.

“Selain layanan administrasi, dengan berinterakasi secara langsung dengan masyarakat, kami juga dapat mendengarkan aspriasi dari masyarakat untuk menjadi masukan dalam peningkatan mutu layanan JKN kedepannya,” ujar Wisli.

Masyarakat selalu antusias menyambut kedatangan layanan MCS. Terbukti begitu sampai di Desa Tangnga Tangnga, masyarakat telah berkumpul dan menyambut petugas dengan wajah gembira. Salah satu warga, Nurmi, turut bergembira dengan adanya layanan MCS ini.

“Saya sudah lama menunggu petugas BPJS Kesehatan ke desa kami, setelah diumumkan akan ada layanan MCS lagi, saya sudah mempersiapkan berkas-berkas untuk kepengurusan BPJS Kesehaata. Saya juga mengajak tetangga untuk bersama sama mendatangi lokasi MCS. Sering- seringlah ke desa kami, apalagi untuk keluar dari desa untuk ke kantor BPJS Kesehatan harus pake perahu,” ucap salah seorang warga sembari tersenyum. (mkb/jaf)

  • Bagikan