BPJS Kesehatan Mamuju Gencarkan Sosialisasi Masyarakat Pesisir Pantai Tapandullu

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR – BPJS Kesehatan Cabang Mamuju gencar-gencarnya melaksanakan sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kali ini sosialisasi dilakukan di Kantor Desa Tapandullu, Kecamatan Simboro dan Kepulauan, yang berada dekat dengan lokasi wisata Pantai Tapandullu, Mamuju.

Pelaksana Jabatan (Pj) Kepala Desa Tapandullu, Jumardin memberikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan atas upayanya memberikan pemahaman kepada masyarakat yang berada di wilayah pesisir barat Kabupaten Mamuju.

“Intinya kegiatan ini saya sangat mengapresiasinya. Masyarakat juga sangat antusias, karena pentingnya program JKN bagi masyarakat kami,” ucap Jumardin pada Rabu (06/03).

Antusias masyarakat terlihat dari penuhnya ruang pertemuan Kantor Desa Tapandullu. Menurut Jumardin, masyarakat hadir dalam sosialisasi sekaligus kegiatan BPJS Keliling karena masyarakat berpendapat BPJS Kesehatan telah banyak membantu masyarakat.

Ditambah lagi ada kegiatan BPJS Keliling juga yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengakses layanan administrasi dan pelayanan secara langsung dari Program JKN.

“Karena BPJS Kesehatan sangat membantu memberikan edukasi ke masyarakat. Mulai dari apa yang menjadi manfaat dari Program JKN, hingga hak dan kewajiban sebagai peserta JKN,” ucapnya.

Selain mendapatkan edukasi, Jumardin mengakui dengan adanya layanan BPJS Keliling akhirnya masyarakat bisa mengakses layanan pengurusan administrasi, cek keaktifan peserta, perubahan data, serta pemberian informasi terkait Program JKN dengan mudah tanpa harus jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan.

“Layanan BPJS Keliling hari ini adalah hal yg sangat baik dan penting. Khususnya untuk masyarakat Tapandullu, ini merupakan bagian dari upaya jemput bola BPJS Kesehatan untuk masyarakat kami, pastinya bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju, St. Umrah Nurdin menyampaikan akan terus melakukan edukasi Program JKN terhadap seluruh masyarakat di Kabupaten Mamuju tanpa terkecuali.

Selain memberikan kesadaran akan pentingnya Program JKN, kegiatan edukasi melalui sosialisasi merupakan upaya untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat terhadap hak dan kewajiban dalam Program JKN secara menyeluruh.

“Sehingga masyarakat akan mengetahui secara utuh layanan dari Program JKN mulai dari hak, kewajiban hingga manfaat penjaminan,” terang Umrah.

Selanjutnya Umrah menekankan perlunya dilakukan sosialisasi JKN secara masif, dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui jika dirinya merupakan peserta JKN dan informasi JKN lainnya.

“Masyarakat diimbau agar benar-benar memahami pentingnya menjadi peserta JKN dan setelah menjadi peserta juga dapat mengetahui alur layanan kesehatan hingga peserta JKN dapat mengakses layanan tersebut dengan baik,” sambungnya.

Dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan di Desa Tapandullu juga dibarengi dengan layanan BPJS Keliling. Umrah mengatakan, BPJS Keliling dilakukan untuk melayani masyarakat dan peserta JKN yang berada jauh dari kantor BPJS Kesehatan, dan pelayanan diberikan lebih bersifat jemput bola.

“Jadi dengan adanya BPJS Keliling ini dapat melayani masyarakat secara langsung seperti di perumahan atau pemukiman, perkantoran dan lainnya,” kata Umrah.

Umrah juga mengungkapkan bahwa petugas BPJS Keliling mempunyai tugas untuk mengedukasi masyarakat terkait akses kemudahan layanan JKN. Seperti manfaat dari aplikasi Mobile JKN dengan beragam fitur yang sudah mencakup secara keseluruhan dari Program JKN. Ia berkeinginan agar seluruh peserta yang mendatangi mobil BPJS Keliling, juga dapat mengakses aplikasi Mobile JKN dan dapat memahami berbagai fiturnya.

“Melalui Aplikasi Mobile JKN, peserta dapat mencari informasi terkait program ini, mendaftar sebagai peserta JKN, melakukan perubahan data, melakukan pendaftaran antrean online hingga mendaftar cicilan pembayaran tunggakan iuran JKN pada fitur program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab),” jelasnya. (PN/af/*)

  • Bagikan