IAI Goes To School, Antisipasi Penyalahgunaan Obat Bagi Pelajar

  • Bagikan
SOSIALISASI. Ketua IAI Polman, Zul Rahmat Muis memberikan sosialisasi bahaya mengkonsumsi obat berlebihan dan tanpa resep dokter kepada siswa SMPN 1 Polewali, Senin 15 Agustus 2022.--IST–

POLEWALI,  RADARSULBAR — Penyalahgunaan obat kian meningkat, utamanya kalangan pelajar SLTP dan SLTA. 

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Polewali Mandar Zul Rahmat Muis mengatakan, penyalahgunaan obat disebabkan kurangnya pengawasan dan pengetahuan pada anak pelajar terkait dampak mengonsumsi obat secara berlebihan.

Untuk itu, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) PC Polewali Mandar sekaligus Apoteker Agent of Change Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat menyasar sejumlah sekolah untuk dilakukan sosialisasi dan edukasi.

“Untuk membentengi mereka dari bahaya penyalahgunaan obat, mereka diberikan edukasi. Khususnya terkait dampak negatif dari sisi kesehatan yang menjadi resiko dari penyalahgunaan obat,” kata Zul Rahmat Muis.

Ia menambahkan jika hal seperti ini terus terjadi pada anak pelajar maka akan merusak organ penting dalam tubuhnya. Seperti hati, jantung, paru-paru, otak, resiko koma sampai kematian menjadi bahaya bahaya yang menyertai penyalahgunaan obat.

“Mereka diingatkan agar waspada dari segala godaan yang hanya memberikan kesenangan palsu dan sesaat namun bisa merusak masa depan mereka selamanya,” kata Zul Rahmat Muis.

AI Polman juga melakukan diskusi dengan kepala sekolah dan para guru untuk menggali informasi terkait fakta penyalahgunaan obat di lingkungan sekolah masing-masing.I

Berbagai ide muncul dari diskusi tersebut akan dirangkum untuk menjadi satu pokok bahasan dalam forum Focus Group Discussion lintas sektor.

“Sebagai penutup dilakukan penyerahan banner informasi kepada pihak sekolah yang menjadi sasaran edukasi,” tambahnya.

Salah seorang warga, Anna Marina berharap agar pengawasan peredaran obat ditingkatkan agar tidak mudah untuk disalahgunakan pelajar. 

“Harus ditingkatkan pengawasan penjualan obat. Supaya pelajar atau anak tidak dengan mudah untuk membelinya.  Kalau pun dia bisa membeli tapi sangat terbatas,” harap Anna Marina.

Kegiatan sosialisasi IAI Goes To School, Senin 15 Agustus serentak di empat lokus kecamatan. Yaitu Kecamatan Polewali di SMPN 1 Polewali, SMPN 2 Polewali dan SMAN 2 Polewali. Kecamatan Wonomulyo di SMPN 1 Wonomulyo dan SMAN 1 Wonomulyo. Kecamatam Campalagian di SMPN 1 Campalagian. Kecamatan Tinambung di SMPN 1 Tinambung dan SMAN 1 Tinambung. (mkb/jaf)

  • Bagikan