Cium Aroma Pungli Berkedok Jual Seragam Sekolah

  • Bagikan
Sekretaris Tim Saber Pungli H Arifin Yambas

POLEWALI, RADARSULBAR — Satuan Tugas Berantas Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Polewali Mandar endus aroma pungli di lingkungan sekolah yang ada di Kabupaten Polewali Mandar.

Sekertaris Tim Saber Pungli Polman Arifin Yambas saat dikonfirmasi, Minggu 10 Juli 2022 mengatakan dalam melakukan kegiatan satuan pendidikan harus mengacu pada aturan. Apabila hal tersebut dilakukan tanpa berlandaskan aturan maka hal tersebut dapat dikategorikan pungli.

Sejumlah sekolah di Kabupaten Polman diduga memperdagangkan seragam sekolah kepada orang tua siswa baru. Dengan alasan agar pakaian mereka seraga. Ada yang berjualan mulai dari seragam putih biru sampai pada seragam pramuka. Sehingga orang tua siswa tidak lagi membeli seragam di toko pakaian perlengkapan sekolah.

“Dalam waktu dekat ini kita akan melakukan sosialisasi. Kemudian kita akan melakukan penindakan,” terang Arifin Yambas.

Ia meminta kepada sekolah agar tidak melakukan kegiatan yang tidak dilandasi aturan.

“Bupati kita berpesan tidak perlu seragam jika memang hal itu memberatkan bagi orang tua,” jelas Sekretaris Inspektorat Polman ini.

Terpisah, Kepala SMPN 4 Polewali Kamaluddin Yasin menjelaskan pembelian seragam pramuka di sekolahnya karena orang tua siswa sudah setuju untuk mendukung program kepramukaan di SMPN 4 Polewali. Apalagi kegiatan Pramuka menjadi ciri khas di SMPN 4 Polewali.

“Surat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan membolehkan sekolah untuk pembelian seragam tertentu seperti seragam batik dan olahraga, dasi serta topi selebihnya tidak boleh. Sebelumnya itu dilakukan wawancara dengan orang tua siswa. “Dimana saat ini pramuka di SMPN 4 sedang berprestasi dan orang tua merespon bahkan mendukung,” jelas Kamaluddin.

Lanjutnya, orang tua siswa sangat mendukung dan malah meminta untuk juga di fasilitasi untuk menyiapkan seragam putih biru. Tapi Ia menolak karena putih biru punya AD ART dan Pramuka punya AD ART. Kemudian kalau beli diluar tidak akan seragam dan bahannya mudah robek. (arf/mkb)

  • Bagikan