Salat Id Jamaah Muhammadiyah Berlangsung Khidmat

  • Bagikan
Muhammdiyah Mamuju melaksanakan Salat Idul Adha di Mamuju, Sabtu 9 Juli 2022--adhe junaedi/radarsulbar--

MAMUJU, RADAR SULBAR — Pelaksanaan salat Iduladha bagi jamaah Muhammadiyah di Mamuju, berlangsung khidmat, di Stadion Manakarra, Sabtu 9 Juli.

Pelaksanaan itu sesuai dengan arahan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang menetapkan 10 Zulhijjah 1443 Hijriah atau Hari Idul Adha jatuh pada Sabtu 9 Juli.

Ketua PW Muhammadiyah Sulbar, Wahyun Mawardi mengatakan, momentum Idul Adha tahun ini bagaimana memaknai makna pengorbanan. Terutama menerapkan nilai-nilai pengorbanan kepada masyarakat.

“Termasuk khususnya di warga perserikatan Muhammadiyah,” kata Wahyun.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulbar, KH Nafis Djuaeni. Ia mengatakan, perbedaan penetapan hari raya, baik Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, sudah biasa terjadi di Indonesia, bahkan di dunia.

“Meskipun berbeda mari kita tetap saling memahami dan mengerti, bahwa Muhammadiyah itu melaksanakannya Sabtu dan pemerintah di hari Minggu. Hal itu tidak perlu dipersoalkan,” kata KH Nafis.

Terkait pandangan MUI, KH Nafis mengaku, tetap berpedoman pada pemerintah yang telah menetapkan Hari Raya Idul Adha pada Minggu 10 Juli.

“MUI merupakan mitra pemerintah. Karena mitra, maka MUI ikut pada keputusan pemerintah dalam hal ini Kemenag tentang penetapan Idul Adha pada 10 Juli,” jelasnya. (ajs/jaf)

  • Bagikan