DLHK Sulbar Antisipasi Timbunan Sampah Akibat Aktivitas Dampak Mudik dan Idul Fitri

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulbar Zulkifli Manggazali mengajak masyarakat agar sadar kebersihan.

Imbauan tersebut dikeluarkan sesuai arahan Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh dan imbauan yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) agar pemerintah daerah (pemda) dapat mengantisipasi timbunan sampah tambahan dampak aktivitas mudik dan Lebaran 2024.

“Mengantisipasi terjadinya penumpukan sampah jelang lebaran dan mudik telah berkoordinasi dengan Pemerintah kabupaten seperti kabupaten Mamuju, agar melakukan pengendalian,” kata Zulkifli, Kamis 4 April 2024.

Pihaknya juga telah meminta untuk mempersiapkan personil melakukan pembersihan di tempat ibadah. Petugas yang ada pun nantinya akan bekerja maksimal.

“Selain itu, diimbau kepada masyarakat agar ketika melaksanakan shalat id dapat memperhatikan sampah, Jangan menggunakan barang habis pakai, warga bisa mengunakan karpet atau bahan lainnya ketika melaksanakan shalat id,” ucapnya.

Ia menekankan, agar momentum ramadhan ini dapat menjadi momentum untuk semakin sadar terhadap kondisi lingkungan. Sekaligus kesadaran agar pentingnya menjaga kebersihan. (jaf)

  • Bagikan