Evaluasi Kinerja Pj Gubernur, Itjen Kemendagri Apresiasi Program FDP Pemprov Sulbar

  • Bagikan

JAKARTA, RADAR SULBAR –Program Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP) Pemprov Sulbar mendapat apresiasi dari tim Evaluator Irjen Kemendagri.

Hal itu dibenarkan Pj Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh usai mengikuti evaluasi Pj Gubernur oleh Kemendagri di Jakarta Selasa 20 Februari 2024.

Lebih lanjut Zudan menjelaskan, FDP yang dijalankan pemprov Sulbar melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) baik provinsi dan kabupaten merupakan terobosan dalam pengendalian inflasi di daerah. Langkah-langkah yang dilakukan adalah memberikan subsidi untuk pendistribusian komoditas pangan yang dianggap memberi pengaruh terhadap inflasi, seperti beras.

Selain itu, Pemprov Sulbar juga melakukan gerakan pangan murah setiap hari Senin dan Selasa, di Pasar Lama dan Pasar Baru Kab Mamuju dan Pasar Sentral Kab. Majene. Menurutnya, dengan fasilitasi subsidi itu lebih mendorong ketersediaan pangan dengan harga yang terjangkau.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan TPID Sulbar telah menjalankan program FDP beras ini. Program ini akan memberikan bantuan berupa penurunan harga beras di tingkat konsumen,” kata Prof. Zudan.

Lanjut Prof Zudan, FDP merupakan langkah nyata dan kongrit dalan menjaga stabilitas Harga Pangan. Olehnya ia berharap TPID Pemprov Sulbar berkolaborasi dengan TPID Kabupaten memaksimalkan program FDP.

“Pastikan sinergi dengan instansi vertikal yang ada di Sulbar, sinergi dengan Pemerintah kabupaten, bersama-sama hadir memberikan solusi atas lemersalahan yang dihadapi masyarakat,” ungkapnya.

Prof. Zudan juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak boros pangan sehingga persoalan kemiskinan di Sulbar dapat diatasi bersama. (jaf)

  • Bagikan