Disnaker Sulbar bersama BBPVP Makassar Tinjau Pembangunan BLK Kalukku

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR, –Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulbar Sulbar Andi Farid Amri bersama Kepala Balai Besar Pelatihan (BBP) Vokasi dan Produktivitas Makassar La Ode H. Polundu, dan Kepala UPTD-BLK Sulbar Andi Farid Kusno, meninjau pembangunan gedung Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas, Kalukku, Mamuju, Sabtu, 13 Januari 2024.

Kepala BBP Vokasi dan Produktivitas Makassar La Ode H. Polundu, mengatakan kunker yang ia lakukan merupakan bagian dari memastikan Balai Latihan Kerja telah berjalan sesuai target. Sebab tahun ini UPTD-BLK Sulbar mendapatkan bantuan paket pelatihan dari Kemenaker yang bersumber dari APBN 2024 sebanyak 18 paket.

“Jika dibanding tahun sebelumnya 2023 hanya mendapatkan 12 paket, maka tahun ini terjadi peningkatan cukup signifikan kepada BLK Sulbar,” kata La Ode.

Ia juga menjelaskan, Pembangunan BP Vokasi dan Produktivitas Mamuju di Kalukku berdiri diatas lahan 9,8 ha, terdapat 3 gedung yang hampir selesai dikerjakan diantaranya gedung utama untuk perkantoran, gedung workshop untuk pelatihan pengelasan dan gedung workshop pariwisata.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Daerah Sulbar Andi Farid Amri, mengatakan pihaknya bersyukur menerima kunker Kepala BBPVP Makassar di Mamuju itu menurutnya sebagai penyemangat sekaligus dukungan kepada Balai yang sementara di kerjakan.

“Ini sebagai bentuk dukungan moril maupun materil untuk peningkatan dan pengembangan BLK Sulbar supaya menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompeten, siap bersaing di dunia industri dan siap berwira usaha secara mandiri dengan dukungan permodalan dari perbankan sebagai mitra kerja BLK Sulbar,” ucapnya.

Andi Farid, menambahkan kehadiran BPVP Mamuju nantinya diharap dapat memenuhi kebutuhan keterampilan masyarakat di bidang pendidikan non formal berupa keterampilan (skill) melalui berbagai paket pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan BPVP Mamuju dan BLK Sulbar secara gratis.

Sementara Kepala UPTD-BLK Sulbar Andi Farid Kusno, mengatakan untuk tahun 2024 BLK Sulbar mendapatkan bantuan melalui APBN sebanyak 18 paket pelatihan sedang APBD Sulbar 34 paket, pelatihan berbasis kompetensi dan akan mulai dilaksanakan pada 29 Januari 2024 di Kab.Polman dan berakhir 24 September 2024 di Kab.Mamasa.

“Untuk persiapan penyelenggaraan sudah siap semua, kalau untuk bangunan BLK ini belum memungkinkan untuk digunakan,” tutupnya. (jaf)

  • Bagikan